Cek 10 Bagian Penting ini Sebelum Membeli Mobil Bekas – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

Advetorial

Cek 10 Bagian Penting ini Sebelum Membeli Mobil Bekas

Mobil baru dan bekas beda harganya sangat jauh. Sekedar Anda tahu, tiap tahun jika Anda membeli mobil baru maka harganya akan turun 10-20%. Padahal pemakaian normal biasanya 20.000 km per tahun. Secara fisik dan kualitas kendaraan, untuk pemakaian normal kondisi kendaraan baru dan bekas relatif tidak jauh berbeda. Hal ini yang membuat banyak orang memilih mengajukan kredit mobil bekas dari pada kredit mobil murah.

Di Indonesia banyak lembaga-lembaga keuangan atau bank yang menyediakan layanan kredit mobil bekas seperti CIMB Niaga, BCA, Clipan Finance, Adira, dll. Perusahaan ini bisa membantu anda untuk kredit mobil toyota atau kredit kredit mobil honda idaman anda.

Untuk mendapatkan kualitas mobil bekas yang masih bagus, ternyata tidaklah gampang. Anda butuh pengalaman dan pengetahuan tentang mobil secara mendalam. Untuk membantu Anda mengenal lebih jauh tentang mobil bekas berkualitas, 10 poin penting ini perlu Anda cek sebelum membeli:

Teliti Catatan yang ada Dalam Buku Servis

Catatan dalam buku service kendaraan bisa memberikan gambaran tentang riwayat pemakaian kendaraan dan service yang pernah ditangani. Melalu buku service, calon pembeli mobil bekas bisa mengetahui apakah mobil rutin diservis di bengkel resmi,  spare part apa saja yang pernah diganti, original atau tidak, dan bahkan sampai pada apakah ada kejadian-kejadian khusus terhadap mobil itu, misalnya pernah tabrakan dan lain sebagainya. Buku service seringkali turut mempengaruhi harga jual mobil bekas karena bisa menggambarkan perlakuan pemilik pada kendaraan tersebut.

Teliti Kondisi Bodi Mobil

Melakukan pengecekan pada  mobil ini tidak gampang, apalagi untuk melihat apakah bodi tersebut masih original atau bekas pengecatan ulang. Jika Anda tidak familiar dengan proses pengecekan ini, sebaiknya mengajak orang yang paham tentang body repair and painting dari bengkel. Kondisi bodi masih mulus dan baik belum tentu orisinil.

Bagi yang sudah pengalaman, untuk melihat mobil yang pernah mengalami tabrakan atau tidak bisa dideteksi dengan mudah misalnya saja adanya garis-garis di bodi yang tidak simetris lagi karena dempulan atau bisa juga warnanya yang tak seragam antar bagian mobil.

Cek Kolong mobil untuk melihat kondisi mesin secara umum

Cara cek kondisi mobil yang lain secara mudah adalah dengan memperhatikan kolong mobil. Teliti dan raba bagian kolong mobil dan sasis, apakah ada bagian yang berkarat atau tambalan. Pengecekan bagian ini juga bisa mendeteksi apakah ada rembesan cairan oli di sekitar knalpot maupun bawah mesin.

Perhatikan Interior di Bawah Karpet

Interior bawah karpet merupakan bagian mobil yang paling rentan karat karena sering lembab. Hal ini bisa membuat bagian itu mudah keropos. Jika tidak teliti, keropos bisa merusak bodi sampai ke bagian bagasi.

Teliti Bagian Interior Mobil

Bagian ini meliputi plafon, dashboard, door trim, dan jok. Pemilik mobil yang perhatian pada perawatan mobil, akan cenderung peduli dengan bagian ini sehingga tampak mulus. Pastikan juga bagian dashboard tidak ada yang hilang.

Cek Posisi Pedal untuk melihat tingkat pemakaian kendaraan

Banyak orang yang kini sudah pintar mengakali seting pemakaian mobil yang tertera pada speedometer. Bahkan saat ini bukan jaminan lagi mengukur jarak tempuh mobil dengan melihat angka-angka yang ada di speedometer. Tapi tidak demikian dengan bagian pedal. Fisik pedal yang terlihat aus menandakan mobil itu sering digunakan.

Cek kondisi Mesin

Bagian ini paling sulit untuk di cek, karena butuh pengetahuan khusus untuk membedakan mana mesin yang sehat sekaligus orisinal. Namun setidaknya ada cara yang gampang bagi orang awam yaitu cek dari segel pabrikan. Mobil yang belum pernah bongkar mesin terlihat dari segelnya masih utuh yang berupa tanda warna.

Cek juga apakah ada  rembesan oli, air, atau cairan lainnya di mesin.  Perhatikan juga bagian mur apakah masih dalam kondisi utuh alias tak ada goresan. Intinya jika ada yang aneh kemungkinan mesin pernah dibuka di masa lalu.

Cek Kelengkapan Recovery kit

Kelengkapan mobil ini meliputi ban serep, dongkrak, kunci roda, tool kit standar, dan segitiga pengaman masih lengkap. Pastikan semua lengkap karena terkait dengan keselamatan di jalan.

Pastikan Kelengkapan stAndar Mobil masih Berfungsi

Fitur keselamatan dan kenyamanan standar dari mobil ini meliputi foglamp, audio, defogger, headlamp, visor, dan lain sebagainya. Bila masih lengkap, berarti mobil masih standar pabrikan. Bila ada yang diganti dengan komponen after market, berarti nilainya sudah berkurang.

Cek Kelengkapan Surat-surat

Pastikan surat kendaraan lengkap karena hal ini menyangkut riwayat kepemilikan. Kelengkapan ini penting karena menjadi modal untuk ganti nama. Kredit mobil bekas Adira merupakan salah satu perusahaan yang terpercaya meyediakan surat-surat yang cukup lengkap dan bisa dijadikan alternatif untuk melakukan pembelian secara kredit.

Proses cek 10 poin diatas penting untuk dilakukan supaya Anda mendapatkan kendaraan dengan kualitas bagus dan secara legalitas juga tidak bermasalah.

To Top