Cek Manfaat Beli Rumah Via KPR – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

Ekonomi & Bisnis

Cek Manfaat Beli Rumah Via KPR

MEMILIKI rumah sendiri yang nyaman dan aman adalah keinginan semua orang. Rumah sendiri juga dapat kita atur sedemikian rupa, sesuai keinginan kita. saat ini, keberadaan rumah bukan saja sebagai tempat berlindung, tapi juga rumah yang bersih, nyaman dan memiliki konsep khusus, bisa mengambarkan pribadi pemilik rumahnya sendiri. seiring berkembangnya teknologi, hadirnya dekorasi-dekorasi unik untuk rumah, juga membuka peluang hadirnya rumah-rumah di lokasi perumahan, dengan menawarkan konsep yang menarik dan strategis untuk dihuni.

Rumah di kawasan perumahan ini biasanya dibangun oleh sebuah developer khusus, yang sudah bekerja sama dengan pihak Bank, yang mana pihak Bank tersebut dapat membantu nasabahnya yang ingin memiliki rumah di kawasan perumahan dalam waktu yang singkat serta proses yang cukup mudah. Produk Bank yang menawarkan hunian ini disebut KPR. Dengan kalkulator simulasi KPR maka akan  memudahkan kita yang ingin memiliki rumah nyaman dan berkonsep di kawasan perumahan, dengan hanya melakukan pembayaran dimuka, kita sudah bisa menempati rumah impian tersebut. Selain itu banyaknya produk  kredit KPR yang disediakan oleh berbagai bank semakin membantu masyarakat yang tertarik.

Apa saja manfaat yang di dapat jika kita membeli rumah lewat KPR, berikut uraianya:

  1. Biaya Awal Ringan

Jika anda mengajukan kepemilikan rumah dengan KPR, nantinya bisa mendapatkan biaya yang ringan di awal. Pihak Bank pemberi KPR biasaya hanya akan mengenakan biaya awal sebesar 30% dari harga rumah dan dalam bentuk uang tunai. Adapun cicilan pertama dan biaya administrasinya legal. Jika beruntung ada pula KPR yang ditawarkan berserta subsidi berupa keringanan uang muka. Dalam pengajuan tersebut ada beberapa bank yang menyediakan produk KPR dengan biaya yang cukup ringan seperti bank Mandiri dan CIMB Niaga.

  1. Legal

Dengan kepemilikan rumah lewat KPR, anda akan mendapatkan legalitas rumah yang lebih terjamin. mulai dari keabsahan surat tanah dan surat bangunanya. Bank hanya membiayai pembelian rumah anda dengan dilengkapi sertifikat yang nantinya akan dicek ke Badan Pertanahan Nasional (BPN).

  1. Rumah Yang Siap Huni

Inilah salah satu keunggulan membeli rumah lewat KPR. Selain biaya uang mukanya lebih ringan, kita juga sudah bisa menempati rumah tersebut langsung, tanpa harus menunggu terlebih dulu sampai cicilanya lunas.

  1. Reputasi Pengembang Terjamin

Ini juga kabar baik untuk para pengembang property. Dalam hal ini , bank mencari pengembang property yang memiliki reputasi baik dan terpercaya. Pihak pengembang juga harus menjaga hubungan baik dengan pihak bank, karena terkait masalah keuntungan dari bunga kredit akan rugi bila ternyata pihak pengembang mundur dari pembangunan rumah anda.

  1. Investasi Jangka Panjang

Membeli property dengan KPR itu berarti anda juga berinvestasi jangka panjang. Bila cicilan KPR nya sudah lunas, rumah tersebut bisa dijual kembali kepada orang lain. Keuntungan bisa anda dapatkan karena harga jual rumah tersebut lebih tinggi dari harga belinya dulu. Belum lagi jika posisi rumah tersebut sangat strategis, halamanya luas, serta cukup masuk sinar matahari, dapat membuat harganya lebih tinggi lagi.

  1. Sebagai Keuntungan Bisnis

Selain anda bisa berinvestasi dengan menjual rumah kembali, alternatif lainya adalah menyewakan property tersebut. dengan begitu, ada usaha yang paling tidak akan mendatangkan keuntungan setiap bulanya. Anda bisa menyewakan rumah tersebut dengan range keuntungan 30-40 %. Hindari memberi harga yang terlalu tinggi dari harga sewa pada umumnya.

  1. Sebagai Proteksi

Keunggulan lainya membeli rumah dengan KPR adalah akan mendapatkan proteksi. Proteksi ini merupakan syarat mutlak dari pihak Bank. Nantinya, kita akan mendapat proteksi berupa asuransi property yang preminya tercantum di cicilan bulanan KPR, untuk melindungi rumah dari resiko kebakaran.

Pilih Suku Bunga KPR Bank yang paling rendah

Suku bunga KPR di tiap Bank menerapkan tarif yang berbeda-beda. Setelah anda merencanakan keuangan, sebaiknya anda mencari informasi mengenai suku bunga KPR di beberapa Bank yang anda percayakan. Banyak lah berdiskusi dengan pihak Bank itu sendiri, dari awal proses hingga masuk ke tahap pembayaran cicilan. Bayarlah cicilanya tepat waktu di setiap bulanya.

Click to comment
To Top