Cuaca Ekstrim Intai Pemudik Jalur Pantura – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

Nasional

Cuaca Ekstrim Intai Pemudik Jalur Pantura

FAJAR.CO.ID, JAKARTA – Para pemudik harus punya persiapan ekstra pada momen pulang kampung tahun ini. Sebab, ancaman bencana selama momen setahun sekali itu diprediksi cukup tinggi. 

Kepala Pusat Data Informasi dan Humas BNPB Sutopo Purwo Nugroho menyampaikan, hujan berpotensi terjadi selama masa mudik Lebaran. 

Dari pengamatan Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG), hujan sangat lebat berpotensi terjadi di Mentawai, Bengkulu, Maluku, dan Laut Banda. Curah hujan diprediksi di atas 500 mm. 

Sedangkan untuk Lampung, Jawa, Bali, sebagian Kalimantan, dan Papua, ada potensi hujan ringan hingga sedang. Sementara itu, potensi hujan sedang dan lebat akan terjadi di Jawa Tengah bagian tengah-selatan. “Jalur pantura sangat rawan terkena banjir,” jelasnya di Jakarta.

Jika melihat kondisi itu, Sutopo mewanti-wanti masyarakat yang berada dalam perjalanan mudik untuk berhati-hati. 

Sebab, intensitas hujan yang tinggi bisa berdampak bencana, khususnya banjir, longsor, dan puting beliung. “Risiko bencana akan naik dua kali lipat,” katanya.

Dia membeberkan sejumlah daerah rawan yang telah dipetakan oleh BNPB. Daerah rawan longsor misalnya. 

Daerah Banten bagian selatan, Jawa Barat bagian tengah-selatan, Jawa Tengah bagian barat-tengah, dan Jawa Timur bagian sela­tan menjadi langganan longsor.  Lebih detail, di Jawa Timur, menurut dia, wilayah Trenggalek, Ponorogo, Pacitan, dan Malang masuk zona merah. (mia/byu/c11/sof)

To Top