Gara-Gara Ini Akom Dilaporkan ke MKD – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

Nasional

Gara-Gara Ini Akom Dilaporkan ke MKD

FAJAR.CO.ID, JAKARTA- Ketua DPR, Ade Komaruddin resmi dilaporkan ke Mahkamah Kehormatan Dewan (MKD) karena mengirimkan surat Pergantian Antar Waktu (PAW) Anggota DPR RI Dapil NTT-1 kepada Presiden Joko Widodo.

Pelapornya adalah Honing Sanny, politisi PDI Perjuangan.

“Padahal hukum masih berjalan dan pengadilan tinggi masih berproses. Surat KPU juga mengatakan proses hukum juga masih berjalan. Dan pengadilan katakan kran masih jalan maka belum bisa di PAW,” terang Honing di Gedung DPR, Senayan, Jakarta, Kamis (30/6).

Dengan mengirimkan surat bernomor PW/11038/DPR RI/VI/2016 tertanggal 28 Juni 2016 dengan menjadikan surat KPU No: 163/KPU/III/2016 tanggal 30 Maret 2016 itu, dia berpandangan Ade Komaruddin telah melanggar UU.

“Surat dibentuk dan didesain kepada DPR. Saya yakin surat ini dikirim ke presiden untuk jebak Jokowi melakukan kesalahan. Kalau ditandatangani oleh Jokowi maka kegaduhan lagi,” tengarainya.

Bukan hanya mengajukan ke MKD, Honing juga berencana melaporkan politisi Golkar yang akrab disapa Akom itu ke Pengadilan Tinggi Tata Usaha Negara (PTTUN).

“Besok saya juga akan ajukan TUN pada Akom. Saya juga menguji penyelenggara Pemilu di DKPP,” bebernya.

Adapun bukti yang dibawanya berupa surat Akom kepada Presiden. Menurut dia, surat itu akan berdampak pemecatan dirinya.

“Tapi sementara saya nggak diberi tebusan. Saya juga cuma dapat copy surat dari kawan saya yang berbaik hati jadi saya langsung tanya Kesekjenan ternyata benar ada. Yang terima tadi Zulkifar dari Sekretariat MKD,” terangnya.

Sengketa ini bermula dari proses Pemilihan Legislatif DPR pada dua tahun lalu. Honing  Honing dituduh memanipulasi jumlah pemilih.

“Diuji di DKPP ternyata nggak terbukti dan ini ada persekongkolan jahat dilakukan Akom untukk lakukan PAW. Ini akan jadi preseden, ini pengalaman yang penting untuk semua anggota,” pungkasnya.[wid]

To Top