Kartu Kredit, Banyak Manfaat Asal Bijak Menggunakannya – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

exciting-banten
Advetorial

Kartu Kredit, Banyak Manfaat Asal Bijak Menggunakannya

Ilustrasi-Kartu-Kredit-liputan6

Kartu Kredit ibarat pedang bermata dua, di satu sisi bikin pusing akibat tagihan penggunaan yang tidak terkontrol, namun disisi lain jika kita pintar mengambil manfaat didalamnya, ada banyak paket atau program menarik yang bisa digunakan oleh pemegang kartu. Bank penerbit kartu kredit seperti Bank BRI dan Bank Mega kian menjamur dan menjadi tren gaya hidup masa kini. Bahkan, tidak hanya dikalangan sosialita metropolitan yang gemar belanja saja yang menggunakannya, namun sudah mewabah ke semua level masyarakat. Belakangan ini, pengajuan kartu kredit dipermudah dengan jaminan perusahaan sebagai salah satu fasilitas yang diberikan oleh beberapa perusahaan besar pada karyawannya untuk meningkatkan kinerja mereka.

Hal ini menunjukkan bahwa peran kartu kredit belakangan tidak hanya sekadar sebagai pelengkap gaya hidup semata, tapi sudah bergeser hingga menjadi salah satu kebutuhan, meski masih di tataran kebutuhan sekunder atau tersier.

Sebenarnya, kartu kredit sendiri punya banyak manfaat jika kita mampu memaksimalkan fungsinya dengan baik. Untuk melihat manfaat apa saja yang ada di dalam sebuah kartu kredit, berikut ini uraian lengkapnya:

Penawaran Menarik, Rewards, Hingga Urusan Dengan Mata Uang Asing

Berbeda dengan kartu debit yang notabene adalah kepanjangan tangan dari tabungan kita di bank, sehingga perlu melakukan setoran awal, membuka rekening dan sebagainya, Kartu Kredit juga punya fungsi yang relatif sama, hanya saja kita tidak perlu melakukan setoran awal atau pembukaan rekening. Cukup melakukan pengajuan aplikasi kartu kredit untuk bisa mendapatkannya.

Kalau kartu debit tidak ada salo maka tidak bisa digunakan, maka kartu kredit bisa yaitu dengan sistem berhutang. Bahayanya kartu kredit ada disini, jika kita tidak bijak dalam menggunakannya, sebab setiap transaksi yang kita lakukan adalah dalam bentuk hutang dan harus dilunasi sesuai dengan masa tempo pelunasannya.

Namun dibalik itu, sebenarya banyak manfaat yang bisa anda dapatkan. Mulai penasaran dengan apa saja kehebatan kartu kredit? Berikut ini beberapa fitur menarik dari kartu kredit:

  • Fitur Tarik tunai menggunakan Kartu Kredit

Nama lain dari fitur ini adalah cash advance, ini adalah fitur kartu kredit yang memungkinkan kita untuk menarik uang melalui gerai ATM berlogo visa atau mastercard. Fitur ini memang memudahkan karena Anda tetap bisa melakukan penarikan tunai dalam jumlah setidaknya beberapa persen dari limit kartu kredit Anda. Ada baiknya jika Anda hanya menggunakan fitur ini pada saat kepepet saja, karena bisa dipastikan bahwa besaran yang Anda keluarkan akan lebih besar daripada uang yang Anda tarik. Terlebih bahwa bunga yang dikenakan juga cukup besar yaitu berkisar 2,95% per bulan.

  • Manfaatkan Rewards dan Cashback dari Kartu Kredit

Ini adalah salah satu fitur kartu kredit yang menguntungkan bagi mereka yang hobi berbelanja. Rewards adalah pemberian sejumlah poin yang dapat kita tukarkan dengan hadiah tertentu yang sesuai dengan penawaran. Semisal, membeli Handphone dengan kartu kredit A dan Anda akan mendapatkan hadiah 10 poin yang bisa ditukar dengan kesempatan makan gratis di restoran tertentu. Sedangkan cashback adalah potongan yang langsung di berikan dan masuk ke saldo kartu kredit Anda. Sebagai contoh, Anda membeli sebuah barang di merchant tertentu dengan harga 800 ribu dan mendapatkan cashback sebesar 10% berarti Anda hanya membayar sebesar 700 ribu dan sisanya kembali ke saldo kartu kredit Anda.

  • Transaksi Berbasis Mata Uang Asing

Untuk fitur ini adalah keuntungan bagi Anda yang gemar berjalan-jalan ke luar negeri. Dengan fitur ini, Anda bisa bertransaksi dengan kartu kredit di luar negeri dengan tanpa menukarkan uang Anda ke mata uang negara tersebut. Cukup dengan mengesek kartu seperti transaksi biasa yang Anda lakukan.

Kemudahan serta aneka fitur yang ditawarkan oleh kartu kredit adalah satu manfaat yang lebih bagi Anda para pengguna Kartu Kredit. Namun segudang fitur yang ada tadi akan menjadi satu hal yang buruk jika kita menggunakannya dengan tidak bijaksana. Satu prinsip penting yang perlu anda pegang adalah Manfaatkan Kartu Kredit sebagai Alat Bantu Transaksi dan bukan alat bantu mempermudah mencari hutang baru.

loading...
Click to comment
To Top