Pertimbangan Saat Membeli Mobil Baru – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

exciting-banten
Ekonomi & Bisnis

Pertimbangan Saat Membeli Mobil Baru

mobil-baru

Mempunyai mobil adalah keinginan semua orang. Namun banyak orang yang belum bisa membeli mobil karena budget yang belum tercukupi. Banyak faktor yang dapat membuat seseorang tidak dapat membeli mobil, seperti faktor keuangan dan juga faktor belum menemukan jenis mobil yang pas. Karena itu dirasa penting untuk melakukan simulasi kredit mobil yang tersedia di berbagai situs finansial seperti Cermati.com. Banyak pertimbangan yang harus diperhatikan sebelum membeli mobil baru antara lain :

 

  1. Lihat budget yang anda punya

Dengan melihat budget yang anda punya pastinya anda akan tahu jenis mobil apa yang akan anda bisa beli. Contoh sepert budget 100 – 120jt tentunya dengan budget tersebut anda bisa membeli mobil honda brio atau juga mobil yang sejenis dengannya. Jangan pernah dengan budget yang pas – pas an menginginkan mobil yang lebih tinggi harga nya dari budget yang anda punya. Tentunya ini akan membuat pusing anda sendiri. Yang tadinya senang ingin membeli malah jadi kepikiran lagi ketika kita mengambil atau membeli mobil yang melebihi budget kita.

Satu hal yang pasti bahwa setiap mobil dibandrol dengan harga yang berbeda – beda begitu juga dengan spesifikasi nya yang berbeda – beda. Dengan mobil idaman tentunya adalah keinginan semua orang tapi ketika membeli mobil sesuai kebutuhan itu akan lebih berguna dan bermanfaat.

  1. Tipe mobil yang anda inginkan

Setelah menentukan budget. Cari tipe mobil yang anda inginkan tapi ingat bahwa jangan memaksakan mencari mobil diluar batas budget anda meskipun itu tipe mobil yang kalian inginkan. Undurkan niat kalian jika tipe mobil yag kalian ingikan melebhi dari budget yang ada. Akan masih banyak jenis tipe mobil yang lain. Yang pastinya dengan harga yang berbeda – beda begitupun juga dengan spesifikasinya. Mobil-mobil pabrikan Honda dan Toyota bisa terbilang cukup memenuhi kriteria mobil yang terjangkau secara harga dan performa. Jadi jika anda melakukan kredit mobil honda atau kredit mobil toyota  anda dijamin akan puas.

Namun tidak ada salahnya jika budget yang ada siapkan kurang dari tipe mobil yang anda ingkan. Namun anda tetap ingin membeli dan mengambil tipe mobil yang ada inginkan. Anda bisa melakukan dp terlebih dahulu kepada pihak showroom lalu membayarnya secara kredit tiap bulannya. Namun itu tentunya akan menjadi beban lagi bagi diri anda. Semua pilihan tentunya ada dipilihan anda.

  1. Liat bahan bakarnya dari mobil yang anda inginkan

Ketika anda sudah memilih jenis dan tipe mobilnya, anda bisa lihat terlebih dahulu bagaimana konsumsi dari bahan bakar dari mobil tersebut. Yang dimana mobil keluaran terbaru biasanya bukan menjadikan mobil lebih irit bahan bakar. Melainkan lebih boros karena perfomance mesin yang butuh tenaga bahan bakar. Maka dari itu lebih baik tanyakan terlebih dahulu kepada pihak showroom bagaiamana bahan bakar dari mobil tersebut irit atau sedikit boros. Untuk mobil keluarga sebaiknya memilih mobil yang irit dengan bahan bakar yang pastinya mobil keluarga ini akan digunakan untuk berlibur wisata dan juga pulang mudik kekampung halaman. Namun jika mobil tidak terlalu sering digunakan atau digunakan hanya pada saat tertentu tidak ada salah nya membeli mobil yang sedikit boros bahan bakarnya.

  1. Perhatikan juga lokasi tempat sparepart dari mobil tersebut

Dengan memilih mobil yang kita inginkan, kita juga harus mengetahui tempat servis atau sparepart dari mobil tersebut. Jangan sampai tempat servis asli dari mobil tersebut sangat dikit didaerah anda tentunya ini akan membuat bingung dan repot anda. Jadi sebelumnya anda bisa tanyakan terlebih dahulu kepada pihak showroom kira kira kalau terjadi kerusakan dan ingin melakukan servis tempat terdekat untuk melakukan itu semua dimana. Atau juga anda bisa mencari informasi lewat internet yang dimana informasi apa saja bisa kalian temukan.

  1. Melakukan test drive terlebih dahulu

Membeli mobil tidak lengkap jika tidak melakukan test drive terlebih dahulu. Yang dimana tujuan dari test drive ini adalah untuk mengecek semua kondisi mobil terutama mesin ketika mobil dijalankan. Namun yang menjadi masalah ada banyak dealer atau showroom yang tidak menyediakan layanan test drive dengan begitu banyak alasan yang dia berikan. Mulai dari ribet mengeluarkan mobilnya, takut kotor nanti mobil nya atau juga terjadi yang tidak dinginkan nantinya. Padahal kita tahu bahwa pelayanan test drive sangatlah wajar ketika  seseorang ingin membeli mobil pada showroom ataupun dealer.

loading...
Click to comment
To Top