Resmi! 5 Parpol Sepakat Tolak Dukung Ahok – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

Pilkada

Resmi! 5 Parpol Sepakat Tolak Dukung Ahok

FAJAR.CO.ID, JAKARTA – Selain Yusril Ihza Mahendra, beberapa partai politik (parpol) berkomunikasi intensif untuk menentukan nama calon gubernur pesaing Basuki Tjahaja Purnama (Ahok). 

Nama lain yang muncul adalah mantan Pangdam Jaya Sjafrie Sjamsoeddin. Opsi tersebut diwacanakan jika PDI Perjuangan mengusung Ahok pada pesta demokrasi lokal Jakarta nanti. 

Ketua Dewan Syariah (DSW) Dewan Pimpinan Wilayah (DPW) PKS DKI Abdurahman Suhaimi menyatakan, hingga saat ini, pihaknya menunggu keputusan PDIP. 

”Saya berharap PDIP ajukan cagub sendiri ya,” katanya. 

Ketua Fraksi PKS DPRD DKI itu menjelaskan, berdasar komunikasi dengan Partai Gerindra, mereka sepakat untuk tidak mengusung Ahok. Karena itu, pihaknya akan menggodok nama-nama cagub dan cawagub yang diusung dalam pilgub.

”Tetapi, pada prinsipnya, kami siap berkoalisi dengan siapa pun,” jelasnya. 

Sementara itu, Demokrat dan PAN sudah menyamakan pemikiran, yaitu memperkuat peran partai politik. Menurut wakil ketua Komisi D DPRD DKI tersebut, akan ada pertemuan kembali dengan partai-partai untuk menyatukan persepsi setelah Lebaran . 

”Kami akan sodorkan pemimpin yang saleh,” jelasnya. 

Sementara itu, Ketua Badan Pemenangan Pemilu (Bappilu) DPW PAN DKI Johan Musyawa mengungkapkan, peran parpol pada negara demokrasi harus diperkuat. 

Karena itu, partai berlambang matahari terbit itu siap berkoalisi untuk mengusung pasangan cagub dan cawagub. ”Walau hanya dua kursi di DPRD DKI, kami juga menentukan arah koalisi,” katanya. 

Sekretaris Fraksi Demokrat-PAN (FDPAN) DPRD DKI itu menambahkan, sangat kecil kemungkinan partainya ikut mendukung Ahok pada pilgub nanti.

Mantan politikus Partai Golkar dan Gerindra tersebut asyik dengan jalur perseorangan. ”Pokoknya, kami akan berkoalisi menusung cagub. Dengan siapa? Lihat saja nanti ya,” ujarnya.

Adapun hasil komunikasi PDIP dan Gerindra tampaknya dinantikan beberapa partai lain yang sudah memutuskan tidak akan mendukung Ahok. Antara lain, PKS, PAN, PPP, Demokrat, dan PKB.(riz/c5/ydh)

To Top