Wanita Kaya Ini Terbujuk Rayuan Bule Polandia, Rp 1,3 Miliar Ludes – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

exciting-banten
Kriminal

Wanita Kaya Ini Terbujuk Rayuan Bule Polandia, Rp 1,3 Miliar Ludes

uang

FAJAR.CO.ID, JAKARTA – Pria warga negara Polandia, Pawel Cwiklinski (36) ditangkap tim Unit II Subdit Jatanras Ditreskrimum Polda Metro Jaya karena menipu seorang wanita kaya. Akibat kejadian itu, korban mengalami kerugian hingga Rp 1,3 miliar.

“Korban ditipu oleh pelaku yang mengaku sebagai diplomat Amerika,” kata Direktur Reskrimum Polda Metro Jaya Kombes Krishna Murti kepada wartawan, Jumat (1/7).

Tersangka ditangkap pada Rabu (29/6) pukul 03.00 WIB oleh tim Opsnal Unit 2 yang dipimpin Kepala Unit Kompol Ari Cahya Nugraha. Dia ditangkap di Perumahan Green Lake City Cluster Amerika Jalan East Cost 1 No 1 Kosambi, Jakarta Barat.

Dari tersangka, polisi menyita 7 buah handphone, 2 buah token ket BCA, 1 ATM BCA, e-KITAS atas nama tersangka Pawel Ceilinski. Termasuk paspor, koper berisi mata uang dolar palsu senilai USD 280, 1 jeriken cairan, Macbook dan uang tunai Rp 1.126.000.

Bekas Kapolsek Penjaringan ini mengatakan, korban mengenal pelaku bernama Colins Mark via Facebook. “Korban kenal lewat Facebook dengan tersangka Colins Mark yang masih buron, pada 8 Juni 2016,” katanya.

Saat berkenalan, Mark mengaku sebagai dokter bedah di Central Texas Medical Center. Setelah perkenalan, korban yang dirahasiakan identitasnya itu intens berkomunikaksi hingga bertukar nomor telepon.

“Korban dengan pelaku yang DPO ini kemudian berkomunikasi via WhatsApp sampai akhirnya kedekatannya sudah seperti pacaran,” lanjut dia.

Lalu pada 22 Juni 2016, pelaku Mark ini mulai melancarkan aksi tipu-tipu. Ia mengaku akan mengirimkan paket uang USD 2 juta kepada korban. “Kemudian Mark menyuruh pelaku yang kita tangkap, si Cwilinski itu untuk menghubungi korban dengan mengaku sebagai diplomat Amerika,” imbuhnya.

Singkat cerita, korban diminta menyediakan sejumlah uang hingga Rp 2 miliar lebih untuk membeli cairan agar uang dolar bisa dibawa dari Amerika. Akhirnya korban pun percaya dan mengirimkan uang secara bertahap ke rekening komplotannya.

“Korban mengirimkan Rp 1,3 miliar secara bertahap ke rekening komplotannya. Akhirnya korban menyadari telah ditipu karena pelaku meminta uang terus-menerus sampai Rp 1,3 miliar hingga akhirnya korban melapor ke Polda Metro Jaya,” tutup dia. (elf/JPG)

loading...
Click to comment
To Top