Italia Vs Jerman, Drama Adu Pinalti, Siapa yang Hebat? – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

Bola

Italia Vs Jerman, Drama Adu Pinalti, Siapa yang Hebat?

FAJAR.CO.ID, BORDEAUX – Duel dua penjaga gawang, Manuel Neuer versus Gianluigi Buffon pada laga perempat final Euro 2016 antara Jerman kontra Italia tak terelakkan. Tambah menarik andai persaingan keduanya ditentukan lewat drama adu penalti.

Neuer bahkan menegaskan siap menjalani adu penalti. “Saya sudah mempersiapkan situasi tersebut dan selalu (menyiapkannya, Red),” katanya sebagaimana dikutip dari situsRundschau Online.

Neuer layak percaya diri. Penjaga gawang berusia 30 tahun tersebut punya hoki lebih bagus ketimbang Buffon. Persentase suksesnya dalam menghalau tembakan penalti mencapai 31,9 persen. Di sisi lain, Buffon memiliki rekor 31,4 persen dalam mementahkan penalti.

“Saya menganalisis bagaimana pergerakan para pemain depan Italia, arah setiap set pieces sekalian. Bagi saya, ini seperti mengerjakan pekerjaan rumah,” tutur Neuer.

Performa Neuer dan Buffon lebih banyak disorot daripada upaya Mario Goetze atau Graziano Pelle dalam mencatatkan namanya di papan skor. Kedua penjaga gawang yang sama-sama menjabat kapten itu bertarung dengan label rekor clean sheet. Neuer mencatat clean sheet terpanjang dengan empat kali. Sedangkan Buffon tidak kebobolan dalam tiga laga.

“Kalau disuruh memilih satu di antara dua pemain ini, saya tidak akan memilih. Keduanya sama-sama penjaga gawang terbaik Euro 2016,” kata pelatih kiper Jerman Andreas Kopke seperti dikutip dari situs resmi DFB.

Menurut dia, Neuer dan Buffon punya kelebihan masing-masing. “Gigi (sapaan Buffon) punya ketenangan. Neuer yang selalu menjadi pembeda dari setiap laga Jerman. Bagaimana? Susah membandingkan,” ulas Kopke.

Buffon menolak dibanding-bandingkan dengan Neuer. Dari sisi usia, keduanya terpaut jauh. Buffon sudah 38 tahun, sedangkan Neuer menapak 30 tahun. Menurut Buffon, tidak realistis membandingkan dirinya dengan Neuer secara apple to apple.

“Neuer masih muda. Pada usia semuda itu dia sudah menjadi penjaga gawang hebat. Jelas, Neuer lebih baik apabila dibandingkan dengan saya,” tutur Buffon seperti dikutip di La Gazzetta dello Sport. (ren/c10/ca)

Click to comment
To Top