Kunci Keberhasilan Wales Catat Sejarah di Euro 2016 – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

exciting-banten
Bola

Kunci Keberhasilan Wales Catat Sejarah di Euro 2016

Wales' defender Ashley Williams and Wales' midfielder Aaron Ramsey celebrate with Wales' coach Chris Coleman and team members after Williams scored a goal during the Euro 2016 quarter-final football match between Wales and Belgium at the Pierre-Mauroy stadium in Villeneuve-d'Ascq near Lille, on July 1, 2016. / AFP PHOTO / EMMANUEL DUNAND

FAJAR.CO.ID, LILLE – Chris Coleman, pelatih Wales, kini tengah sibuk menulis lembaran baru di sepak bola Wales. Sejarah besar telah dia ciptakan bersama The Dragons – julukan Wales. Datang sebagai debutan, mereka sukses melaju hingga semifinal.

Wales menjadi debutan pertama yang mampu ke semifinal sejak 1992. Pada Euro tahun itu, Swedia yang berstatus debutan mampu melaju ke semifinal. Setelahnya tak ada debutan yang mampu lolos hingga babak 4-besar. 

Pada akhirnya, Wales mendobrak tabu tersebut. Kemenangan atas Belgia dengan skor 3-1 mengantarkan Gareth Bale cs menembus semifinal Euro. Mereka menjadi negara dari Britania Raya kedua setelah Inggris yang bisa mencapai semifinal. Inggris melakukannya pada Euro 1996 saat menjadi tuan rumah. 

Coleman mengatakan bahwa kunci Wales bisa membuat sejarah besar di sepak bola adalah kerendahan hati. Dia dan para pemainnya tak merasa lebih baik dari tim lain. Hal itu membuat permainan Wales bisa lepas dan tak terbebani untuk meraih kemenangan.

“Kami tak bisa melupakan apa yang telah kami lakukan di sini (Prancis). Tapi, saya katakan tim saya tak lebih baik dari tim yang kami kalahkan,” sebut Coleman seperti dilansir Soccerway

Selain itu, Coleman juga tak pernah berpikir untuk bisa menjuarai Euro 2016 meski sudah mencapai semifinal. 

“Saya tidak pernah berpikir untuk juara. Kami hanya memikirkan bagaimana bisa mendapat hasil terbaik di setiap laga, di fase grup, melawan Irlandia Utara, melawan Belgia, dan berikutnya melawan Portugal,” ucap Coleman. 

Imbuhnya, “Para pemain saya tak terbuai untuk menjuarai turnamen ini. Yang ada di benak para pemain adalah menghadapi tantangan berikutnya yakni Portugal”. 

Well, layak dinanti kelanjutan cerita dongeng Wales. (epr/JPNN)

loading...
Click to comment
To Top