Mudik ke Riau? Inilah 10 Destinasi Wisata Yang Wajib Dikunjungi – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

Budaya & Pariwisata

Mudik ke Riau? Inilah 10 Destinasi Wisata Yang Wajib Dikunjungi

PEKANBARU – Pernah menelusuri Provinsi Riau? Ada banyak lokasi menarik, dari surfing atau berselancar di Bono yang merupakan bagian dari sungai Kampar. Menjelajah Kawasan Wisata Pekan Tua yang sarat dengan wisata heritage sampai Hutan Konservasi Kerumutan, kawasan wisata budaya dan heritage di Petalangan, semuanya oke.

“Hari Raya Lebaran dan liburan anak sekolah nanti, saat yang tepat menjelajahi Riau. Ada banyak destinasi dan atraksi keren di sana,” papar Arief Yahya, Menteri Pariwisata RI. Marketeer of The Year 2013 itu mengatakan, Bumi Lancang Kuning itu punya Festival budaya Pacu Jalur dan Bakar Tongkang, tradisi yang telah berjalan seabad lebih.

Dua atraksi itu, terbukti mampu mengundang puluhan ribu wisatawan. Inilah 10 titik #PesonaLebaranPekanbaru #PesonaLebaranRiau #PesonaKulinerRiau #PesonaIndonesia #WonderfulIndonesia #WonderfulPekanbaru yang bisa digoogling dengan cepat.

1. Air Terjun Tujuh Tingkat Batang Koban
Air terjun Tujuh Tingkat berlokasi di kecamatan Kuantan, Kabupaten Kuantan Singingi. Untuk menuju ke air terjun ini jarak yang harus ditempuh sekitar 40 km. Dibutuhkan waktu sekitar 30 menit dari pusat kota Teluk Kuantan. Air terjun ini menyuguhkan pemandangan yang sangat indah, dan masih asri. Udara di sekitar air terjun ini juga sangat sejuk.

2. Pantai Rupat
Riau juga memiliki pantai berpasir putih yang tidak kalah menariknya dengan pantai pantai Pulau Bali. Pulau Rupat adalah pantai berpasir putih di satu pulau di Riau, yang memiliki garis pantai sepanjang 17 km. Pasir pantai Rupat yang putih bersih, membuat wisatawan memiliki banyak pilihan. Dari mulai bermain pasir, berjemur, mandi di laut hingga bersantai menikmati keindahan alam yang terbentang.

3. Anjungan Seni Idrus Tintin
Anjungan Seni Idrus Tintin berupa gedung setinggi bangunan tiga lantai. Bangunan ini pernah dipakai untuk menggelar acara Festival Film Indonesia (FFI) pada tahun 2008. Saat itu hampir seluruh artis di Indonesia hadir di gedung ini. Bangunan ini merupakan salah satu Wonder Building di Pekanbaru, Riau.

4. Pacu Jalur
Pacu Jalur merupakan sebuah event budaya kabupaten Sengingi yang paling terkenal dan ditunggu di Riau. Biasanya diselenggarakan antara bulan Juli atau Agustus setiap tahunnya. Saat digelar, pengunjung pacu jalur membludak. Antusiasmenya disebut teramai nomor dua di dunia setelah Kota Mekah.

5. Pulau Jemur
Pulau Jemur terletak kurang lebih sekitar 45 mil dari ibukota kabupaten Rokan Hilir. Destinasi wisata ini terdiri dari beberapa pulau-pulau kecil. Di antaranya pulau Tekong Emas, pulau Tekong Simbang serta pulau Labuhan Bilik. Di pulau ini, Anda bisa melihat beragam spesies penyu.. Selain itu, Pulau Jemur juga menyimpan
beberapa potensi wisata lain di antaranya adalah Goa Jepang, Menara Suar, bekas tapak kaki manusia, perigi tulang, sisa-sisa pertahanan Jepang, batu Panglima Layar, Taman Laut, dan pantai berpasir kuning emas.

6. Taman Nasional Bukit Tiga Puluh
Taman Nasional Bukit Tigapuluh adalah lokasi konservasi bagi ekosistem yang sudah hampir terancam punah. Lokasinya ada di dataran tinggi hutan rimba. Taman Nasional Bukit Tigapuluh ini menjadi rumah bagi berbagai flora dan fauna. Di sekitar Taman Nasional Bukit Tigapuluh masih banyak suku-suku asli Riau, yang mendiami lokasi ditengah hutan tersebut.

7. Taman Nasional Tesso Nilo
Taman Nasional Tesso Nilo memiliki fungsi yang hampir mirip dengan Taman Nasional Bukit Tigapuluh yaitu sebagai pusat konservasi flora dan fauna. Yang bikin beda, Taman Nasional Tesso Nilo terletak di dataran rendah. Nama Tesso Nillo diambil dari nama dua sungai, Tesso dan Nillo yang ada di kabupaten Kampar dan Kuantan Singingi. Taman Nasional ini diresmikan pada 19 Juli 2004 memiliki luas 38.576 hektardan rencananya akan diperluas menjadi 100.000 hektar. Taman Nasional Tesso Nillo merupakan salah satu tempat penangkaran gajah terbesar di dunia.

8. Bono
Wisata yang satu ini sudah mendunia. Banyak surfer dunia yang sudah memecahkan rekor dunia surfing terlama dan terpanjang di sana. Tinggi gelombangnya sangat fenomenal. Meski hanya berupa sungai, tinggi Gelombang Bono bisa mencapai 6 meter dengan kecepatan mencapai 40 km/jam.

9. Desa Okura di Pekanbaru
Di sini Anda bisa bersampan menyusuri sungai, melihat kebudayaan tradisional, bersepeda di antara rimbunan pohon sagu dan berkuda di padang pasir. Ratusan tokoh budaya ASEAN yang tergabung dalam Dunia Melayu Dunia (DMDI) pernah berkumpul di desa wisata ini. Tepatnya Mereka membahas berbagai persoalan budaya dan menggelar berbagai pementasan seni tradisional serumpun.

10. Riau Fantasi di Pekanbaru
Riau Fantasi adalah wahana permainan air terbesar dan terlengkap di Sumatera. Luasnya 6,5 Ha. Dari mulai adventure pool, jembatan goyang, ember raksasa yang mampu menampung 3000 liter air, semua ada. Itu belum termasuk permainan yang menguji adrenalin seperti kora-kora, sky tower, wave blaster, speedy coaster dan family swinger. Jika ingin permainan yang lebih santai, Anda bisa mencoba komidi putar dan kereta wisata. Fasilitas pendukungnya, ada musholla, toilet kafetaria dan lain.

loading...
Click to comment
To Top