Seperti Film Hollywood, WNA Turki Kabur dari Nusakambangan – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

Kriminal

Seperti Film Hollywood, WNA Turki Kabur dari Nusakambangan

FAJAR.CO.ID, CILACAP – Lapas Besi, Nusakambangan, Cilacap, Jawa Tengah, kecolongan. Dua hari lalu, salah seorang tahanannya kabur. Dia adalah Hasan Zadeh Leili alias Messi (30), seorang warga negara asing asal Turki.

Selayaknya adegan film-film Hollywood, kaburnya Messi dilakukan dengan menyamar. Dalam penyamarannya, dia mengenakan seragam petugas lapas. Penyamaran Saman, terpidana 12 tahun penjara kasus narkoba asal Turki, berjalan mulus. Dia tidak terendus petugas. 

Bahkan, yang mengejutkan, dia melarikan diri bukan melalui jalur tikus, tapi justru melewati pintu gerbang utama Pulau Nusakambangan, yakni Dermaga Wijayapura. Koordinator Kalapas se-Nusakambangan Abdul Aris menyatakan, dalam upayanya melarikan diri, Saman memakai baju dan celana petugas lapas. 

Penyamaran tersebut diakuinya memang berhasil mengelabui petugas. 

Dengan demikian, Saman yang meninggalkan lapas besi dengan sepeda motor jenis bebek tak dicurigai. Apalagi waktu itu wajah Saman juga tak mudah dikenali karena memakai masker dan helm. 

”Pelarian Saman ini dengan cara menggunakan seragam petugas lapas. Dia memang melawati Wijaya Pura. Itu terekam di CCTV jam 11.15,” ungkap Aris melalui sambungan telepon kemarin (1/7). (gus/ziz/acd/mamJPG)

To Top