Akhirnya Malaysia Bebaskan 19 Nelayan Rohil – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

exciting-banten
Daerah

Akhirnya Malaysia Bebaskan 19 Nelayan Rohil

2816nelayan-siluet

FAJAR.CO.ID, PEKANBARU-  Polis Di Raja Malaysia (PDRM), akhirnya membebaskan 19 nelayan Indonesia, yang berasal dari Kabupaten Rokan Hilir (Rohil), Riau. Mereka dibebaskan tanpa syarat pada Jumat (1/7) kemarin.

19 nelayan asal Indonesia ini ditahan sejak 23 Juni 2016 lalu. Negosiasi panjang pemerintah sejak 27 Juni lalu mampu membuktikan bahwa nelayan yang melanggar batas wilayah perbatasan menggunakan tiga kapal kayu tersebut benar adalah penangkap ikan untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari.

Kepulangan tiga kapal kayu berisi 19 nelayan tersebut langsung pulang kemarin didampingi kapal patroli pihak Malaysia mengantarkan sampai ke perbatasan.

Keinginan Pemprov Riau bersama DPRD Provinsi dan Pemkab Rohil agar nelayan bisa dipulangkan sebelum lebaran Idul Fitri 1437 Hijriah dapat terwujud melalui negosiasi dan pendekatan persuasif bersama Kementrian Kelautan dan Perikanan (KKP) dan KBRI dengan pihak Malaysia.

“Alhamdulillah, keputusan dari penyidik Malaysia setelah dilakukan pendekatan persuasif akhirnya nelayan kita dibebaskan dan tidak ada tuntutan setelahnya,” kata Kepala Dinas Perikanan dan Kelautan (Diskanlut) Provinsi Riau Ir Tien Mastina kepada Riau Pos (Jawa Pos Group).

Mengenai pertimbangan dilepaskannya nelayan tersebut kata Tien dimana berdasarkan data yang diperoleh bahwa mereka murni sebagai nelayan tradisional. “Hanya karena ketidaktahuan mereka terhadap perbatasan melaut mereka  ditangkap,” tambahnya.(dac/egp/ray/jpnn)

loading...
Click to comment
To Top