Good News! Lapisan Ozon Bumi yang Bolong Berangsur Pulih – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

Ragam

Good News! Lapisan Ozon Bumi yang Bolong Berangsur Pulih

FAJAR.CO.ID – Kabar baik, lapisan ozone Bumi, tepatnya pada lapisan stratosfer, dikabarkan tengah membaik. Hal ini diperkirakan ahli sebagai dampak positif dari pelarangan penggunaan chlorofluorocarbons (CFC) yang sejak 1987.

Namun meski perkembangan ini adalah hal yang pasti, lapisan ozone bumi yang bolong itu baru akan tertutup secara sempurna setidaknya dalam tiga puluhan tahun mendatang. Hal tersebut diungkap oleh ahli di bidang atmosfer Dr. Susan Solomon dalam wawancaranya dengan Times baru-baru ini.

“Anggap lapisan ozone sebagai pasien dengan penyakit tertentu. Pertama, pasien ini menunjukan gejala yang memburuk, kemudian gejala itu berhenti, meski stabil namun masih dalam kondisi yang belum membaik.

Tahun lalu, saat musim puncak dari penipisan ozone, antara akhir musim panas dan awal musim gugur, lubang kebocoran tersebut berada pada kondisi terparahnya (lihat gambar dibawah),” ungkap Solomon.

image

Ket: Warna biru dan ungu menunjukan besarnya lubang pada lapisan ozone

Dari studi yang ia lakukan, ditemukan bahwa lubang kebocoran pada ozone yang terjadi di Antartika, Arktik, dan beberapa wilayah di garis lintang tengah, mengalami penyusutan sepanjang 1,5 juta mil persegi jika dibandingkan dengan lapisan ozone ditahun 2000 silam.

Sementara menurut NASA, jika saja pelarangan penggunaan CFC pada tahun 1987 tidak pernah terjadi, maka Bumi diperkirakan akan tanpa lapisan ozone pada tahun 2050 mendatang. Mengerikan sekali bukan.

Click to comment
To Top