Terminal Tanjung Priok Masih Jauh Dari Kelayakan – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

Jabodetabek

Terminal Tanjung Priok Masih Jauh Dari Kelayakan

FAJAR.CO.ID, JAKARTA- Pengamat Transportasi Masyarakat Transportasi Indonesia (MTI), Djoko Setijowarno, keberadaan terminal bus Tanjung Priok, masih jauh dari kelayakan. Bahkan terminal yang digunakan untuk keberangkatan penumpang bus Antar Kota Antar Provinsi dan Antar Kota Dalam Provinsi harus ditinjau ulang.

“Dengan kondisi (Terminal Tanjung Priok) seperti sekarang sungguh tidak manusiawi,” kata Setijowarno, seperti di kutip RMOL, Grup Jawa Pos.

Diungkapkan, terminal yang Kumuh, kotor, dan jorok. Kesan ini sepertinya menjadi pemandangan biasa terminal tersebut. Padahal ia perhatikan di depannya sudah ada Stasiun Tanjung Priok yang bersih dan nyaman.

Penumpang yang akan mudik tidak mendapat kepastian waktu berangkat. Juga tidak ada ruang tunggu penumpang. Tenda yang dibangun justru dipakai untuk parkir sepeda motor. Sementara calon pemudik duduk lesehan di tempat yang panas.

Kondisi ini diperparah hirupan knalpot bus yang menghadap kumpulan pemudik menunggu.

“Sungguh tidak sehat,” ujarnya prihatin.

Tahun depan, menurut dia, bangunan terminal hendaknya sudah direnovasi sesuai dengan PP Nomor 74 tahun 2014 tentang Angkutan Jalan.

“Jika tahun depan masih dibiarkan seperti ini, jangan harap warga makin berminat naik transportasi umum. Bahkan bisa ditinggalkan menggunakan kendaraan pribadi yang tentunya menambah macet jalan, kuras BBM, nambah polusi,” terangnya.

Belum lagi menyoal tarif bus di terminal tersebut yang juga dinilainya harus ditertibkan. “Ada bus jurusan Jakarta-Madura menjual tiket senilai Rp 600 ribu per penunpang. Ini setara dengan tiket kereta eksekutif dan pesawat terbang,” bebernya.[wid]

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top