Pankreas Buatan, Solusi Pintar Atasi Diabetes – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

exciting-banten
Kesehatan

Pankreas Buatan, Solusi Pintar Atasi Diabetes

image

FAJAR.CO.ID – Dunia kesehatan kini semakin canggih, saat ini, terdapat beberapa uji klinis yang dilakukan terhadap penggunaan pankreas buatan sebagai pengganti organ tubuh penghasil insulin pada manusia yang sudah tidak lagi berfungsi secara baik.

Seperti diketahui, tanpa insulin, maka asupan glukosa pada tubuh tidak dapat cerna secara sempurna. Penumpukan glukosa pada tubuh adalah penyebab dari penyakit diabetes atau yang di Indonesia disebut dengan kencing manis.

Disaat beberapa studi telah menunjukan hasil yang menjanjikan terkait dengan penggunaan pankreas buatan pada manusia sebagai alternatif terbaik pengganti terapi insulin, uji klinis terhadap keamanan jangka panjang dari organ buatan manusia itu kini masih berjalan.

Apakah pankreas buatan itu akan mendapatkan izin untuk penggunaan secara klinis akan sangat bergantung dari hasil akhir uji tersebut. menurut Penulis jurnal Diabetologia Drs. Roman Hovorka and Hood Thabit dari University of Cambridge di Inggris, penggunaan organ buatan ini memiliki masa depan yang cerah.

“Dalam uji klinis (yang mereka lakukan) selama ini, diketahui bahwa pengguna pankreas buatan memberikan mereka (penderita diabetes) ketenangan, terbebas dari manajemen diabetes yang biasa mereka lakukan, karena sistem ini (pankreas buatan) mampu mengontrol gula darah secara efektif tanpa pengawasan yang konstan dari penggunanya,” jelas Hovorka seperti dikutip dari Medical News Today.

Para peneliti sendiri meyakini bahwa Food and Drug Administration (FDA) Amerika Serikat (BPOM kalau di Indonesia) yang bertanggungjawab untuk mengulas kinerja dari pankreas buatan itu akan memberikan persetujuannya setidaknya mulai awal tahun depan.

loading...
Click to comment
To Top