Inilah Penyebabnya Kouta Internet Cepat Habis – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

Interest

Inilah Penyebabnya Kouta Internet Cepat Habis

Salah satu masalah menyebalkan yang kerap dihadapi oleh pengguna smartphone adalah kehabisan kuota internet, kamu pasti pernah donk? atau bahkan sering mengalaminya. Paket data internet yang harusnya aktif selama satu bulan, kuotanya malah habis dalam 2-3 minggu saja. Bahkan parahnya lagi bisa habis hanya dalam beberapa hari.

Smartphone dan data internet memang sudah satu paket, mereka seakan tidak terpisahkan. Keduanya juga berkembang pesat. Bahkan smartphone baru kini memiliki spesifikasi gahar yang bahkan menyaingi spesifikasi laptop. Hadirnya layanan 4G LTE di Indonesia pun membuat kecepatan internet meningkat lebih cepat.

Smartphone tanpa internet memang bisa bikin mati gaya, kita pun mau tidak mau harus membeli paket data internet lagi. Karena kebutuhan internet yang tinggi, baik itu untuk komunikasi, pekerjaan, atau hiburan seperti bermain game online, dan streaming musik/video. Agar kejadian kehabisan kuota internet tidak terjadi lagi, berikut ini mungkin merupakan dari penjelasan hal-hal atau kebiasaan yang bisa bikin paket data internet kamu cepat habis.

 Kebiasaan yang Bikin Kuota Internet Cepat Habis

1.Aplikasi Social Media

Pertanyaannya berapa banyak sosial media yang kamu gunakan? Banyak bukan, ada Instagram, Facebook, Path, Tinder, dan Twitter. Kemudian berapa aktifnya kamu? Hanya Tuhan dan kamu yang tahu.

Nah aplikasi social media juga merupakan salah satu aktivitas yang boros kuota. Apa lagi jika sebentar-bentar check in, posting atau sekedar mengecek timeline. Aplikasi social media memang asyik, tapi jangan sampai ya kamu kehilangan kehangatan kebersamaan bersama keluarga atau teman gara-gara kamu keasyikan update di social media. Buat kamu yang ingin selalu terhubung meskipun miskin kuota. kamu bisa instal Opera Max, yang secara ajaib bisa menghemat penggunaan data secara signifikan, salah satunya dengan cara mengompres gambar yang ditampilkan di aplikasi social media.

2.Game Online

Semakin banyak game Android yang mengharuskan kamu online untuk memainkannya, sebut saja Clash of Clans, Clash Royale dan game online lainnya. Yang membuat boros kuota adalah ketika game melakukan update data otomatis di dalam aplikasi. Ada baiknya kamu pilah-pilih game online yang bagus dan ramah akan data.

3.Streaming Musik dan Video

Kebiasaan pertama yang menghabiskan kuota internet adalah aktivitas streaming musik dan video. Di mana kamu bisa streaming film baru atau seri TV populer seperti Arrow, The Flash, atau Super Girl di layar smartphone. Belum lagi kebiasaan menonton video di Youtube.

Streaming musik dan video adalah layanan yang paling rakus data internet. Tapi mau bagaimana lagi, setidaknya kamu harus belajar bijak mengatur data. Contohnya dengan membeli paket data unlimited, atau paket data malam yang disediakan operator.

4.Auto Update

Aktivitas boros data selanjutnya adalah auto update aplikasi di Play Store dan auto update perangkat lunak sistem Android. Pengguna smartphone rata-rata menggunakan lebih dari 20 aplikasi, dan aplikasi Android rutin mendapatkan update. Bisa kebayang donk berapa banyak data internet yang terkuras?

Untuk menyiasatinya kamu bisa atur update aplikasi di Play Store dan update perangkat lunak Android secara manual. Kamu bisa melakukan update jika terhubung WiFi gratis saja.

5.Video Call

Tidak jauh berbeda dengan social media, melakukan video call melalui Line atau Skype, juga bisa mempercepat habisnya kuota. Jadi lakukan panggilan suara saja, bisa melalui BBM ataupun WhatsApp. Lakukan video call pada waktu yang tertentu saja, jika kuota internet kamu terbatas.

Sekarang kamu sudah tahu donk, jadi salah siapa jika kamu kehabisan kuota internet? Selain kita harus berhemat, harapan kedepannya semoga operator bisa lebih transparan soal perhitungan penggunaan data kuota internet.[FAJAR/WarkopAnime/robi]

loading...
Click to comment
To Top