Kenali Gejala Bipolar Sebelum Berakibat Fatal – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

exciting-banten
Kesehatan

Kenali Gejala Bipolar Sebelum Berakibat Fatal

image

FAJAR.CO.ID – Terkadang disebut manic depression, gangguan bipolar dapat menyebabkan perubahan mood yang ekstrim. Orang dengan gangguan ini dapat menghabisakan selama berminggu-minggu merasa bahwa mereka sedang berada di puncak dunia sebelum akhirnya terjerembab kepada depresi mendalam. Panjang pendeknya mood itu berbeda-beda pada tiap orangnya.

Tanpa perawatan yang tepat, seseorang dengan gangguan bipolar bisa menghadapi kondisi depresi berkepanjangan. Gejala-gejalanya adalah seperti perasaan sedih, gelisah, tidak bergairah, putus asa dan kesulitan dalam konsentrasi.

Seperti dilansir dari WebMD, penderita gangguan ini bisa saja kehilangan interest pada aktifitas yang sebelumnya mereka nikmati. Kehilangan berat badan atau bertambah gemuk adalah hal yang biasa, tidur kurang atau lebih dari waktu normal hingga terkadang berpikir untuk meninggalkan dunia ini dengan cara bunuh diri.

Ketika memasuki tahap manic depression, penderita biasanya melakukan tindakan yang ceroboh seperti bersenang-senang, selingkuh, kebut-kebutan dengan kendaraan dan penyalahgunaan obat-obatan. Tiga atau lebih gejala yang disebut diatas dapat terjadi setiap hari dalam kurun sepekan dibarengi dengan rasa gembira yang intens yang dapat memicu manic episode.

Ketika sudah tak terkendali, gangguan ini dapat menyebabkan banyak permasalahan dari aspek kehidupan, seperti pekerjaan, hubungan percintaan, tidur, kesehatan hingga keuangan. Bagi anda atau anggota keluarga yang menunjukan gejala-gejala mood swing di atas, tidak ada salahnya memeriksakan kondisi tersebut dengan menemui Psikiater untuk diagnosa mendalam.

loading...
Click to comment
To Top