Keren, Menteri Yohana Akan Sediakan Ruang Main Anak Di Stasiun KA – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

Nasional

Keren, Menteri Yohana Akan Sediakan Ruang Main Anak Di Stasiun KA

FAJAR.CO.ID, JAKARTA- Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Indonesia, Yohana Susana Yembise akan berkordinasi dengan Menteri Perhubungan Ignasius Jonan agar ruang bermain anak disediakan di stasiun kereta api.

Pasalnya, saat mengunjungi Stasiun Pasar Senen, dia belum melihat ruang bermain anak. Menurutnya ruang bermain anak diperlukan untuk memecah kejenuhan anak saat menunggu kreta api. Apalagi saat menjelang Lebaran ini, banyak orang tua mengikutsertakan anaknya mudik ke kampung halaman.

“Nanti saya akan koordinasi dengan kementerian lain. Karena saya adalah kementerian koordinatif. Ke depannya kalau saya datang lagi ke sini sudah ada playground. Spot kecil saja, yang penting ada permainan anak-anak. Daripada bosan, mereka bisa bermain sambil menunggu kereta datang,” ungkap Yohana di Stasiun Pasar Senen, Jakarta Pusat, Senin (4/7).

Pada kesempatan yang sama, Senior Manager Humas PT Kereta Api Indonesia (KAI) DAOP 1, Bambang S Prayitno mengakui, playground di setiap stasiun belum ada.

Menurutnya, playground atau ruang bermain anak merupakan gagasan dan ide baru bagi PT KAI. Pasalnya hampir disetiap stasiun belum ada playground untuk anak. Setidaknya ruang tersebut, lanjut Bambang, ramah terhadap anak.

“Memang masih belum jelas dan spesifik ramah anak seperti apa. Namun yang terpenting, anak bisa nyaman. Misalkan, ada contoh, ibu-ibu bawa anaknya datang lebih awal dari jadwal keberangkatan. Sembari nunggu, si ibu tidurin anaknya dengan gelar tikar di ruang tunggu. Itu kan tidak nyaman buat anak. Setidaknya ruang itu bisa ramah terhadap anak. Anak bisa duduk nyaman di situ,” tutup Bambang

Sebelumnya, Yohana mengunjungi para pemudik di Stasiun Pasar Senen, Jakarta Pusat, Senin (4/7).

Kedatangan Yohana untuk memantau fasilitas pendukung bagi penyandang disabilitas, ruang ibu menyusui dan posko kesehatan hingga fasilitas untuk anak bagi calon pemudik yang disediakan pihak stasiun.

Menurutnya, relaktasi atau ruang ibu menyusui, cukup bagus. Bahkan fasilitas untuk di ruangan tersebut sudah mengalami kemajuan dari tahun sebelumnya.

“Saya lihat sudah lengkap fasilitasnya, sofanya sudah ada. Tahun lalu saya datang belum ada sofa, sekarang sudah ada, sudah ada perubahan, ada kulkas lagi,” ujar Yohana di sela kunjungan di Stasiun Pasar Senen.

Selain fasilitas di ruang relaktasi, akademisi dari Universitas Cendrawasih itu juga melihat ruang kesehatan. Seperti fasilitas relaktasi, ruang kesehatan di Stasiun Pasar Senin sangat baik, bahkan jauh dari yang diharapkannya.

“Ada pemeriksaan jantung juga lagi,” ungkap Yohana.

Lebih lanjut, Yohana menambahkan untuk fasilitas pendukung bagi penyandang disabilitas, serta ruang bermain anak belum tersedia dengan baik. Hal ini jugalah yang menjadi masukan dalam rapat koordinasi menteri terkait mengenai arus mudik 2016. [zul]

To Top