Politikus Ini Sarankan Tiadakan Sidang Isbat, Menurut Anda? – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

Nasional

Politikus Ini Sarankan Tiadakan Sidang Isbat, Menurut Anda?

FAJAR.CO.ID,  JAKARTA – Mengantisipasi terjadinya perbedaan peringatan hari besar agama Islam, Wakil Ketua Komisi VIII DPR Sodik Mudjahid menyarankan agar kalender hijriah dibuat permanen layaknya kalender masehi.

Di dalam kalender itu akan memuat penetapan hari besar agama Islam, seperti hari wukuf haji, hari awal bulan ramadan, tanggal 1 syawal.

Menurut Sodik Mudjahid penetapan kalender hijriah secara permanen bisa dilakukan seiring berkembangnya ilmu pengetahuan dan teknologi.

Begitu pula dengan banyaknya pakar muslim yang sangat mumpuni dalam bidang astronomi serta menguatnya kemampuan lembaga astronomi di Indonesia.

“Maka, umat Islam Indonesia sudah mampu menghitung secara akurat tibanya  hari-hari raya Islam beberapa tahun sebelum hari penting itu  tiba,” ujar Sodik Mudjahid  Senin (4/7). ‎

Politikus Partai Gerindra ini berharap, pemerintah menggelar sidang isbat digelar sekali saja untuk  menetapkan kalender hijriah yang akan berlaku puluhan tahun.

“Jadi, pada H-1 hari raya Islam, menteri agama hanya mengingatkan dan mengukuhkan kembali tibanya  hari tersebut tanpa harus melakukan sidang isbat lagi,” tutur politikus Gerindra itu.

Katanya, ada beberapa hikmah yang didapat dengan mengukuhkan kalender hijriyah secara permanen. Diantaranya, umat Islam sudah mendapat kepastian jauh lebih awal tentang tibanya  hari-hari raya penting tersebut.

Selain itu, pemerintah menghemat energi terutama energi psikologis ketika berbeda pendapat dalam sidang itsbat.

“Walau perbedaan pendapat adalah rahmat, tetapi ketika berbeda pendapat urusan masif dan jelang hari-hari raya penting, hal tersebut dirasakan kurang nyaman dan kurang menguntungkan bagi umat,” pungkasnya. (dna/JPG)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top