Anggapan Pasta Itu Buruk untuk Diet Adalah Salah Besar! – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

exciting-banten
Kesehatan

Anggapan Pasta Itu Buruk untuk Diet Adalah Salah Besar!

image

FAJAR.CO.ID – Jika bicara diet, pasta adalah jenis makanan yang paling dihindari oleh mereka yang menginginkan tubuh yang sehat dan ideal, lantaran dianggap memiliki banyak kandungan kalori yang tinggi.

Namun berdasarkan temuan terbaru yang diungkap dalam jurnal Nutrition and Diabetes, ditemukan fakta yang mencengangkan dan bertolakbelakang dengan persepsi yang selama ini beredar di masyarakat.

Studi yang lakukan oleh Department of Epidemiology, I.R.C.C.S. Neuromed di Pozzilli, Italia, melibatkan data dari dua studi epidemiologi besar untuk menganalisa hubungan antara konsumsi pasta dan parameter berat badan manusia.

Secara keseluruhan, studi tersebut menggunakan data dari 23 ribu partisipan yang berasal dari studi Moli-sani dan INHES yang merupakan lembaga survei Nutrisi dan Kesehatan Italia.

Tujuan kedua studi tersebut adalah untuk menganalisa peran dari faktor genetik dan lingkungan terhadap kesehatan, khususnya terkait dengan kanker dan kardiovaskular dan penyakit degeneratif. Berdasarkan data yang dikumpulkan INHES dari kebiasaan makan 9.319 partisipan fakta menarik pun terungkap.

“konsumsi pasta yang ditunjukan bertolakbelakang dengan apa yang kita pikirkan. Mengkonsumsi pasta tidak berkaitan dengan peningkatan bobot tubuh, malah sebaliknya.

Data kami menunjukan bahwa pasta, menurut masing-masing individu, memberikan indeks massa tubuh yang sehat, lingkar pinggang yang lebih kecil dan rasio pinggang hingga panggul yang lebih baik,” jelas George Pounis selaku penulis utama jurnal Nutrition and Diabetes seperti dikutip dari Medical News Today.

loading...
Click to comment
To Top