Bom Bunuh Diri Marak, Mendagri Minta Siskamling Harus Ditingkatkan – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

exciting-banten
Nasional

Bom Bunuh Diri Marak, Mendagri Minta Siskamling Harus Ditingkatkan

Tjahjo Kumolo

FAJAR.CO.ID, JAKARTA – Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tjahjo Kumolo menilai sistem keamanan lingkungan (Siskamling) harus benar-benar ditingkatkan kembali di setiap lingkungan, menyusul aksi bom bunuh diri di Mapolresta Solo, Selasa (5/7) pagi.

Langkah ini dinilai penting, sebagai bagian dari deteksi dini. Sehingga hal-hal tak diinginkan dapat diantisipasi.

“Siskamling harus ditingkatkan kembali di tiap desa/kelurahan/RT/RW dengan melibatkan semua masyarakat,” ujar Tjahjo, Selasa siang.

Selain siskamling, mantan Sekjen DPP PDI Perjuangan ini meyakini semua kepala daerah sudah membangun koordinasi dan komunikasi intensif, mencermati setiap gelagat perkembangan dinamika di wilayahnya masing-masing.

“‎Kita harus berani menentukan sikap siapa kawan siapa lawan, kepada siapapun yang dengan sengaja atau terskenario merusak persatuan kesatuan Indonesia,” ujar Tjahjo.

‎Keyakinan mantan anggota DPR ini hadir, karena sejak awal menjabat sebagai Mendagri, telah mengingatkan seluruh kepala daerah. Bahwa ancaman bangsa terbesar saat ini adalah narkoba, korupsi dan radikalisme, terorisme.

Karena itu, dia meminta untuk senantiasa melakukan deteksi dini. “Saya juga ‎yakin kepolisian dan TNI sudah memetakan dan mengantisipasi terhadap gelagat-gelagat yang menganggu ketentraman masyarakat, khususnya memasuki Idulfitri,” ujar Tjahjo. (gir/jpnn)

loading...
Click to comment
To Top