China Bangun Teleskop Radio Terbesar di Dunia untuk Temukan Alien – FAJAR.co.id

exciting-banten
Teknologi

China Bangun Teleskop Radio Terbesar di Dunia untuk Temukan Alien

DCIM100MEDIADJI_0035.JPG

FAJAR.CO.ID – Negeri tirai bambu, China, baru saja menyelesaikan pembangunan teleskop radio terbesar di dunia. Bagian terakhir dari teleskop yang terdiri dari 4.450 panel berbentuk segitiga itu selesai dipasang secara sempurna pada minggu ini.

Teleskop yang diberi nama Five Hundres Meter Aperture Spherical Telescope atau disingkat FAST itu memiliki luas tiga puluh kali luas lapangan sepakbola. FAST sendiri dibangun dengan dana fantastis yakni sebesar $180 juta atau sekitar Rp. 2,3 triliun dengan masa pengerjaan selama lima tahun.

Teleskop yang rencananya akan beroperasi mulai bulan September 2016 mendatang itu dipekirakan memiliki luas dua kali lebih besar dari teleskop radio Arecibo Obsevatory yang ada di Puerto Rico.

“Teleskop hebat ini digunakan dapat digunakan kita untuk mengeksplor alam semesta dan peradaban ekstrateretrial (alien). Saya berharap para peneliti mampu menghasilkan penemuan terbesar,” kata penulis fiksi ilmiah dan pemenang Hugo Award Liu Cixin seperti dikutip dari The Verge.

Selain untuk mencari peradaban extraterestrial, FAST juga akan digunakan untuk mencari eksotika alam semesta seperti pulsar, kuasar dan gelombang gravitasi.

“Proyek ini memiliki potensi untuk mencari obyek asing untuk kemudian digunakan untuk mempelajari asal muasal alam semesta dan mendorong pencarian kehidupan ekstraterestrial,” jelas Zheng Xiaonian selaku deputy head of the National Astronomical Observation of the Chinese Academy of Sciences, organisasi yang membangun teleskop tersebut.

Click to comment