Ternyata Makanan Jepang Ini Mirip Dengan Makanan Indonesia – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

Interest

Ternyata Makanan Jepang Ini Mirip Dengan Makanan Indonesia

FAJAR.CO.ID – Berbicara mengenai makanan setiap negara pasti mempunyai makanan khasnya masing-masing. Bahkan didalam satu negara pun setiap daerahnya pasti memiliki makanan khasnya juga yang sering dicari oleh pelancong.

Misalnya, di Jakarta ada Kerak Telor, Bogor ada Soto Mie Bogor, Yogyakarta punya Gudeg dan masih banyak lagi. Ternyata makanan khas Indonesia pun memiliki banyak kemiripan dengan makanan Jepang.

Meskipun hampir sama tapi tetap saja tidak sama dalam bentuk dan sebagainya. Inilah 13 makanan khas Jepang yang mirip dengan makanan khas Indonesia.

1. Yakitori – Sate

yakitori

Yakitori ternyata hampir sama dengan sate ayam. Kedua makanan ini sama-sama terbuat dari potongan daging ayam yang telah dilumuri bumbu kemudian dibakar. Namun perbedaannya ada pula Yakitori yang tidak menggunakan bahan daging ayam saja melainkan bagian lainnya seperti jantung, hati, usus dan bagian ayam yang lainnya. Selain itu jika yakitori dilumuri dengan saus yang terbuat dari kecap asin, gula serta bumbu lainnya, sate ayam umumnya disantap dengan saus kacang atau kecap.

2. Dango – Klepon

dango

Dari segi bentuk, tekstur dan rasa Dango dan Klepon memang sama. Bentuk keduanya bulat, teksturnya kenyal karena terbuat dari tepung beras dan rasanya manis. Cara membuatnya juga sama yaitu dengan direbus dalam air mendidih atau bisa juga dengan dikukus. Yang membedakan kedua makanan ini adalah isinya. Kalau Dango berisi kacang merah, Klepon berisi gula merah yang dicairkan dan ditambah dengan taburan kelapa parut.

3. Ramen – Mie Ayam

Ramen

Walaupun rasanya berbeda tetapi rupanya mirip. Ramen biasanya berisi daging, telur rebus, sayuran, irisan daun bawang, nori dan topping lainnya. Sedangkan mie ayam pada umumnya hanya berisi potongan daging ayam, pangsit rebut, pangsit goreng, bakso dan irisan daun bawang.

4. Gyoza – Pangsit

pangsit

Gyoza terbuat dari udang yang dicincang dan dibungkus dengan lembaran kulit yang terbuat dari tepung terigu dan kemudian dimasak dengan cara direbus. Hampir sama dengan gyoza, pangsit juga berisi cincangan udang atau ayam yang dibungkus dengan kulit pangsit, tapi nggak hanya direbus, pagsit juga bisa dinikmati dengan cara digoreng.

5. Dorayaki – Apem

dorayaki

Kalau yang suka menonton kartun Doraemon pasti tahu makanan favoritnya dong, dorayaki. Kue tradisional Jepang yang berbentuk bundar ini ternyata hampir mirip dengan kue apem asal Indonesia. Apem dibuat dari tepung beras yang didiamkan semalam yang dicampur dengan telur, santan, gula dan tape serta garam yang kemudian dibakar atau dikukus.

6. Sushi – Lemper

sushi

Sushi adalah makanan Jepang yang paling mendunia. Terbuat dari nasi yang digulung menggunakan nori atau rumput laut yang diisi dengan berbagai macam isian, misalnya daging, ikan dan sayuran. Biasanya isian tersebut disajikan mentah tanpa dimasak, tapi ada pula yang sudah matang. Sedangkan lemper biasanya berisi ayam atau abon sapi.

7. Mochi – Kue Bugis

mochi

Mochi dan kue bugis memiliki persamaan pada warnanya yang hijau, bentuknya bulat dan terbuat dari tepung beras ketan. Banyak variasi mochi asal Jepang di antaranya Kinako Mochi yang ditaburi serbuk kacang tanah, Sato Shoyu Mochi yang adonannya dicampur dengan gula dan kecap asin, ada pula Isobe Mochi yaitu mochi yang dibakar atau dipanggang. Sedangkan kue bugis biasanya berisi parutan kelapa yang dicampur dengan gula merah.

8. Yakisoba – Mie Goreng

mie goreng

Yakisoba mirip sekali dengan mie goreng tek tek. Kedua mie ini berisi berbagai macam daging dan sayuran. Tapi sedikit berbeda pada pemakaian saus yakisobanya, potongan nori dan saus mayones.

9. Nikujaga – Semur

semur

Nikujaga berarti daging kentang. Makanan khas Jepang ini terbuat dari daging, kentang dan bawang bombay yang direbus dengan gula dan kecap asin. Sedangkan semur terbuat dari kecap manis, bawang merah, bawang bombay, pala dan cengkeh. Yang biasanya dimasak dengan kuah semur adalah ayam, kentang, tahu, tempe dan telur.

10. Chanpuru – Sayur Tumis

chanpuru

Chanpuru adalah tumis sayuran yang dicampur dengan telur ayam, tahu dan daging. Sayuran yang biasa digunakan hampir sama dengan sayuran yang ditumis di Indonesia misalnya pare, kol, bawang bombay, wortel, jamur, toge dan lainnya.

11. Yakimeshi – Nasi Goreng

nasi goreng

Yakimeshi adalah nasi goreng khas Jepang yang biasanya terbuat dari bahan-bahan yang sisa memasak tapi kadang ditambahkan juga dengan bahan lain seperti sayuran dan daging, sehingga yakimeshi mirip banget sama nasi goreng di Indonesia.

12. Onigiri – Lontong

onigiri

Sama-sama terbuat dari nasi yang dipadatkan, namun onigiri biasanya berbentuk bulat atau segitiga sedangkan lontong berbentuk lonjong yang dibungkus dengan daun pisang. Kalau onigiri sederhana biasanya berisi daging ikan salmon, lontong berisi daging ayam, sayuran atau oncom.

13. Okonimiyaki – Martabak Telur

okonimiyaki

Okonomiyaki terbuat dari tepung terigu, irisan kol, telur ayam, dan daging kemudian digoreng di atas penggorengan datar yang juga digunakan untuk menggoreng martabak telur. Tapi martabak telur tidak terbuat dari tepung terigu melainkan hanya campuran telur dan daging serta irisan daun bawang.

Itu dia 13 makanan Indonesia yang serupa tapi tak sama dengan masakan Jepang.

Click to comment
To Top