12 Juli 2016, Tito Karnavian Dilantik Jadi Kapolri – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

exciting-banten
Nasional

12 Juli 2016, Tito Karnavian Dilantik Jadi Kapolri

Calon Kapolri tunggal Irjen Pol Tito Karnavian saat mengikuti Fit and Proper Test oleh Komisi III DPR di Gedung Nusantara II, Senayan, Jakarta. Kamis 23 Juni 2016. FOTO:HENDRA EKA/JAWA POS

FAJAR.CO.ID, JAKARTA – Masa jabatan Kapolri Jenderal Badrodin Haiti tinggal seminggu lagi. Komjen Tito Karnavian yang diajukan sebagai calon tunggal kapolri akan dilantik pekan depan.

Rencananya, pelantikan Tito Karnavian sebagai kapolri akan dilangsungkan di Istana Negara, Jakarta. Rencana pelantikan Tito Karnavian dibenarkan Kapolri Jenderal Badrodin Haiti.

“Pelantikannya tanggal 12 Juli, minggu depan,” ujar Badrodin Haiti di Mabes Polri, Jakarta, Rabu (6/7/2016).

Menurut Badrodin Haiti, pelantikan akan dilanjutkan dengan acara internal Polri pada Rabu 13 Juli. Selanjutnya, pada Kamis 14 Juli dilaksanakan upacara serah terima jabatan dari Badrodin Haiti ke Tito Karnavian.

Tito Karnavian merupakan calon tunggal kapolri yang dipilih Presiden Jokowi. Tito sudah lolos proses fit and propert tes di DPR dan tinggal menunggu pelantikan.

Tito Karnavian saat ini masih menjabat Kepala Badan Nasional Penanggulangan Teroris (BNPT). Tito pernah menjabat sebagai Kapolda Metro Jaya dan Kapolda Papua.

Bagaimana dengan posisi Komjen Budi Gunawan sebagai wakapolri? Hingga saat ini belum ada kabar terkait posisi baru BG. Kemungkinan Komjen BG masih tetap menjabat sebagai wakapolri sambil menunggu jadwal reshufle kabinet.

Komjen BG disebut-sebut mendapat posisi baru sebagai Kepala Badan Intelijen Negara (BIN) menggantikan Sutiyoso. Sementara Sutiyoso mendapat posisi baru sebagai dutas besar (Dubes). (one/pojoksatu)

loading...
Click to comment
To Top