Di Kalsel, 2.550 Napi Dapat Remisi Idul Fitri – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

exciting-banten
Daerah

Di Kalsel, 2.550 Napi Dapat Remisi Idul Fitri

Ilustrasi Penjara

FAJAR.CO.ID, BANJARMASIN – Sebanyak 2.550 narapidana di Lembaga Permasyarakatan (LP) maupun Rumah Tahanan (Rutan) di Provinsi Kalsel mendapat remisi hari raya Idulfitri.

Kepala Divisi Pemasyarakatan Kemenkum HAM Kalsel Harus Sulianto mengatakan, remisi hari raya tersebut merupakan wewenang Kantor Wilayah Kemenkum HAM Kalsel dan sudah ditandatangani.

“Penerima remisi itu rata-rata napi perkara tindak pidana umum,” ujar Harun kepada Radar Banjarmasin (Fajar Group).

Selain napi perkara tindak pidana umum, masih ada ratusan napi yang masih diusulkan untuk mendapatkan remisi atau pengurangan hukuman ke Direktorat Jenderal (Dirjen) Permasyarakatan. Antara lain napi perkara narkotika, korupsi, dan pembalakan liar.

“Untuk pemberian remisi napi narkotika (vonis di atas lima tahun), napi kasus korupsi dan napi illegal logging menjadi wewenang Dirjen Pemasyarakatan,” tuturnya.

Pemberian remisi bagi napi, pada saat hari raya Idul Fitri. Nama-namanya sudah ditentukan. Ada sejumlah syarat yang menjadi penilaian. “Syarat seorang napi bisa mendapatkan remisi di antaranya sudah menjalani vonis hukuman selama enam bulan dan berkelakuan baik selama di lapas/rutan di Kalsel,” ujarnya.

Harun Sulianto mengatakan, saat ini Lapas atau Rutan di Kalsel diisi narapidana dan tahanan sebanyak 8.232 orang. Narapidana sebanyak 5.614 orang, sementara tahanan yang sedang dalam proses hukum sebanyak 2.618 orang. (gmp/yuz/JPG)

loading...
Click to comment
To Top