Innalillah, 12 Pemudik Tewas Terjebak Macet di Brebes – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

exciting-banten
Nasional

Innalillah, 12 Pemudik Tewas Terjebak Macet di Brebes

thumb_954528_04210906072016_macet-mudik

FAJAR.CO.ID, BREBER – Sebanyak 12 pemudik tewas akibat terjebak macet di Brebes, Jawa Tengah. Para korban tewas lantaran kelelahan dan penyakit bawaan. Kemacetan parah di Brebes terjadi lantaran manajemen transportasi yang kacau balau. Presiden Jokowi pun diminta tanggung jawab atas insiden itu.

“Mereka tewas jelas-jelas karena manajemen transportasi yang kacau, bukan karena kecelakaaan,” ujar politikus Djoko Edhi Abdurahman, Rabu (6/7).

Djoko yakin para korban tewas di Brebes akibat manajemen contingency yang tak berjalan, panduan dari udara yang tidak ada serta pusat pelaporan darurat yang tidak berfungsi. “Kemana heli kepolisian, badan penanggulangan bencana, TNI. Ini juga jelas-jelas  tersedia tapi tak ada komando dari presiden,” sesal mantan anggota Komisi III DPR ini.

Pada saat peristiwa kemacetan parah puluhan kilometer itu, presiden selaku manajer tertinggi malah sibuk membagi-bagikan bahan pokok ke masyarakat. “Jadi jelas lini komando tidak jalan,” tegas Djoko lagi.

Djoko juga menilai ini sudah kesekian kalinya presiden abai terhadap protokoler kepala pemerintahan. “Ketiadaan perintah pada saat momentum krisis merupakan kesalahan fatal,” ucapnya.

Diberitakan media massa kemarin, Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Brebes, Sri Gunadi Parwoko, menyatakan ada 12 orang yang tewas di tengah kemacetan kawasan Brebes alias Brebes Exit (Brexit) akibat kelelahan dan penyakit bawaan.

Menurut dia, kendaraan ambulans sulit mengevakuasi karena para korban terpencar di beberapa lokasi kemacetan. (ald/rmol/one/pojoksatu)

loading...
Click to comment
To Top