Macet Parah, Pemerintah Dinilai Lamban – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

Jabodetabek

Macet Parah, Pemerintah Dinilai Lamban

FAJAR.CO.ID, JAKARTA- Komisi V DPR RI menyesalkan lambannya penanganan kemacetan lalu lintas pada musim mudik Lebaran tahun ini. Diharapkan pemerintah tidak buntu dalam mencari solusi mengatasi kemacetan yang terjadi.

“Sudah jauh-jauh hari kami ingatkan agar pemerintah dan instansi untuk menyiapkan skenario untuk mengantisipasi jika terjadi kemacetan pada penyelenggaraan mudik sehingga lebih baik dari tahun lalu,” kata Wakil Ketua Komisi V Yudi Widiana kepada redaksi, Rabu (6/7).

Menurutnya, kemacetan parah mencapai puluhan kilometer masih terjadi hingga Selasa (5/7), khususnya di pintu Tol Brebes Timur dan Tol Kanci-Pejagan. Seharusnya pemerintah sudah menyiapkan rencana cadangan untuk memitigasi kemacetan yang sebenarnya sudah diprediksi.

Yudi juga mengaku prihatin dengan nasib ribuan pemudik yang terjebak kemacetan hingga belasan jam. Terlebih mereka harus terjebak dalam kondisi gelap karena minimnya penerangan dan kekurangan makanan.

“Nasib pemudik yang terjebak kemacetan berjam-jam ini harus diperhatikan juga oleh penyelenggara jalan tol dan pemerintah. Setidaknya, ada pembagian minuman untuk berbuka atau sahur,” jelasnya.

Politisi Partai Keadilan Sejahtera (PKS) tersebut menambahkan, Komisi V akan menggelar rapat evaluasi pelaksanaan mudik 2016 usai masa libur Lebaran. Hal tersebut sudah menjadi kesepakatan Komisi V dan pemerintah. [wah/Rmol/fajar]

loading...
Click to comment
To Top