SIMAK! Keunikan Lebaran di 5 Negara Ini – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

Ragam

SIMAK! Keunikan Lebaran di 5 Negara Ini

Turki 

Anak-anak berkeliling ke rumah kerabat dan tetangga untuk mendapatkan aneka permen dan makanan manis lainnya. Karena banyaknya makanan manis yang terhidang, Hari Raya Idul Fitri di Turki juga disebut sebagai perayaan makanan manis atau Seker Bayrami. Tiap rumah menyajikan baklava, pastry berisi kacang cincang dan sirup atau madu, serta manisan bertekstur seperti jelly. 

India 

Gadis-gadis mengenakan hiasan henna di kaki dan tangan sehari menjelang Idul Fitri. Mereka menyebutnya Chaand Raat. Perayaan idul Fitri-nya hampir sama dengan Indonesia. Orang yang lebih tua membagikan uang, permen, dan makanan manis kepada anak-anak. Sajian khas seperti puding seviyan, Hyderabadi Haleem atau daging kambing rebus, kebab, dan Nihari Gosht (semacam rendang) memenuhi rumah-rumah. 

Afghanistan 

Setelah salat, para pria berkumpul di taman dengan membawa puluhan telur rebus yang kulitnya sudah diberi pewarna. Mereka beradu dengan cara membenturkan telur. Aturannya, telur yang pecah akan kalah. Penduduk Afghanistan menyebutnya Tokhm-Jangi atau perang telur.

Iraq 

Kurma merupakan sajian utama di Negeri Seribu Satu Malam itu saat Lebaran. Hidangan lain yang pasti ada di setiap rumah adalah Klaicha. Yakni, kue kering beraroma mawar yang diisi dengan kurma dan kacang-kacangan. 

Mesir

Rasa manis minim di sajian Lebaran penduduk Mesir. Yang biasa terhidang adalah berbagai olahan ikan dan Fata. Yakni, olahan nasi, daging, bawang-bawangan, dan cuka. Sajian manis yang kerap tersaji adalah Kahk. Ini adalah kue kering berisi kacang-kacangan dan dibalut dengan bubuk gula. 

Dari berbagai sumber. (JPG)

loading...
Click to comment
To Top