Tiba-tiba BBM Langka, Kok Bisa? – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

exciting-banten
Ekonomi & Bisnis

Tiba-tiba BBM Langka, Kok Bisa?

Antrian panjang kendaraan roda empat di SPBU Maliaro, Kota Ternate Tengah Selasa (5/7)

FAJAR.CO.ID, TERNATE – Akademisi Universitas Muhammadiyah (UMMU) Ternate, Herman Oesman mengatakan antrian panjang di Stasiun Pengisian Bahan Bakar Umum (SPBU) jelang lebaran bukan hal baru. Di Kota Ternate hampir setiap tahun selalu terjadi antrian di SPBU.

“Pertanyaannya, ada apa dengan kelangkaan BBM secara tiba-tiba? Mengapa selalu berulang terjadi? Kenapa pelakunya tidak ditindak ataukah ini memang disengajakan?  Kondisi ini harusnya menjadi perhatian serius pemerintah dan pihak terkait untuk memberi jaminan atas kebutuhan BBM bagi masyarakat, khususnya menghadapi hari-hari besar keagamaan,” kata Herman seperti dilansir Malut Post (Fajar Group) kemarin.

Menurut dia, kelangkaan BBM ini tentu mempengaruhi banyak hal. Salah satunya adalah harga angkutan ojek ikut naik. “Bayangkan harga ojek juga mulai naik dua kali lipat. Alasannya, karena BBM antri lama,” ungkap Herman.

Dia menambahkan, kelangkaan BBM secara berulang setiap tahun ini, membuktikan pemerintah melalui Pertamina belum menunjukkan kinerja yang baik untuk memenuhi hajat hidup masyarakat. Terutama menindak distributor-distributor BBM ke depot penjualan.

“Artinya, sepanjang BBM masih terus mengalami kelangkaan dan dimainkan oleh segelintir oknum, berarti masih ada mafia BBM di Malut yang harus dituntaskan,” pungkas Herman.

Sebelumnya, Warga Kota Ternate, Provinsi Maluku Utara masih keluhkan dengan antrian panjang saat mengisi bahan bakar minyak (BBM) di empat Stasiun Pengisian Bahan Bakar Umum (SPBU). Yakni SPBU Kalumata, Maliaro, Kampung Pisang dan Codo.

Pantauan Malut Post (Fajar Group) di lapangan, Selasa (5/7), antrian masih terjadi di SPBU Codo dan Kalumata. Antrian tersebut diperkirakan 100 sampai dengan 500 meter. Namun kondisi ini mulai membaik, dibandingkan dengan dua hari lalu Minggu (3/7) dan Senin (4/7), antrian mencapai 1 kilo meter.

“Alhamdulillah, saya antri hampir dua jam sudah dapat BBM jenis premium. Teman-teman lain, ada yang antri hingga malam. Memang saya membawa jerigen untuk mengisi premium, hanya berjaga-jaga saja, kalau di tangki motor habis,” kata Anto, salah satu pengendara motor yang di temuai saat mengisi BBM di SPBU Codo, Kota Ternate Tengah.

Antrian panjang pengisian BBM di SPBU jelang Idul Fitri disebabkan adanya isu terkait kelangkaan BBM di Kota Ternate. (JPG/tr-02/wat/fri/jpnn)

loading...
Click to comment
To Top