Rugikan Masyarakat, MPR Sarankan Pemerintah Bebaskan Pembayaran Tol – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

exciting-banten
Nasional

Rugikan Masyarakat, MPR Sarankan Pemerintah Bebaskan Pembayaran Tol

974_hidayat-nur-wahid-soal-lapangan-pendirian-masjid-di-manokwari

FAJAR.CO.ID, JAKARTA- Wakil Ketua MPR RI Hidayat Nur Wahid mengaku telah mengusulkan agar pemerintah meminta pengelola jalan tol membebaskan pengguna dari pembayaran. Hal itu disampaikan ketika melihat antrian panjang mengular pada arus mudik, beberapa hari lalu.

Usulan pria yang karib disapa HNW ini, didasarkan pada pertimbangan bahwa kemacetan parah telah menimbulkan kerugian bagi masyarakat. Tidak saja dari pemberlakuan tarif tol yang cukup mahal tapi juga kesulitan akibat kehabisan bahan bakar minyak (BBM).

“Kemacetan itu (masyarakat, red) sangat dirugikan. Bensin habis, terus bayar Rp 50 ribu lagi, itu sudah tidak masuk akal. Itu bukan kemauan mereka (masyarakat, red),” ujar HNW, Kamis (7/7).

Menurut HNW, kalau memang jalan tol belum siap, harusnya sudah diketahui sebelum arus mudik tiba. Bukan justru saling menyalahkan.

“Ke mana saja sebelum lebaran para menteri. Kalau sudah diperkirakan sepeti itu (jalur belum siap sehingga rentan macet,red) harusnya dibatasi masuk ke jalan tol,” ujar HNW.

HNW menyarankan pemerintah segera mengevaluasi kondisi yang terjadi, untuk kemudian mengambil langkah-langkah yang diperlukan menghadapi arus balik.

“Untuk arus balik harus diselesaikan dengan koordinasi maksimal antara kementerian pekerjaan umum, kementerian perhubungan, agar tidak ada lagi saling lempar tanggung jawab. Sudah tidak minta maaf, belasungkawa, malah lempar tanggung jawab satu sama lain. Saya pikir itu bukan cara yg baik menyelesaikan masalah,” ujar HNW.(gir/jpnn)

loading...
Click to comment
To Top