Wow! 150 Juta Dihabiskan untuk Kembang Api – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

exciting-banten
Daerah

Wow! 150 Juta Dihabiskan untuk Kembang Api

Hampir lima menit Lunar Fireworks Showmenyala, acara yang digelar oleh Central Park Mall di Taman Tribeca ini untuk memeriahkan Tahun Baru Imlek 2016. Foto Puguh Sujiatmiko/Jawa Pos

FAJAR.CO.ID, UMAT-  Selain takbir keliling dalam rangka perayaan malam hari kemangan idul fitri, warga Sumenep, Jawa Timur, juga mempunyai acara trsendiri. Mereka mengadakan pesta kemabang api raksasa selama dua jam. 

Pantauan Jawa Pos Radar Madura (JPRM), pelepasan kembang api raksasa dimulai pada pukul 20.00 dan berakhir pukul 22.00. Sejumlah ruas jalan perkotaan dipadati warga yang ingin melihat gemuruhnya pesta kembang api tersebut. Tak heran, selama dua jam wilayah kota mendadak macet dan lumpuh.

Abd. Syukur, ketua panitia pelaksana pelepasan kembang api raksasa, mengungkapkan, pesta yang sudah berjalan tujuh tahun tersebut merupakan bentuk kebahagiaan menyambut hari kemenangan. Selain itu, bertujuan menghibur warga Sumenep yang sedang berada di kota. 

“Ada 40 boks besar kembang api yang dilepas malam ini. Perincian pastinya tidak tahu. Namun, dengan 40 boks tersebut, ditaksir merogoh kocek Rp 150 juta,” katanya.

Pesta kembang api raksasa itu sudah mendapat izin langsung dari Polda Jatim. Artinya, tindakan tersebut resmi dan legal. Pihaknya mengaku tidak berani melepas kembang api tanpa ada izin dari pihak berwajib. “Supaya di kemudian hari tidak bermasalah. Apalagi, tindakan ini sedikit berbahaya,” ujarnya.

Pria berusia 59 tahun itu menegaskan, dana Rp 150 juta tersebut murni uang pribadi Achmad Ma’aruf Maulana. ”Hanya ingin berbagi kebahagiaan dengan melepas kembang api raksasa pada malam takbiran,” katanya. 

Untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan, warga asal Pamolokan itu menyuruh membentuk panitia dengan 40 anggota. “Nah, kebetulan saya dipercaya dan ditunjuk menjadi ketua. Tujuannya, mengurusi segala teknis ketika pelepasan berlangsung,” tutur mantan Kades Pamolokan itu.

Syukur menyatakan, pelepasan kembang api raksasa pada malam takbiran tersebut tidak bertujuan menghambur-hamburkan uang. Namun, semata-mata memberikan hiburan kepada masyarakat Sumenep. “Achmad Ma’aruf Maulana merupakan ketua Kadin Batam Riau asal Sumenep,” terangnya. (daf/c7/ai/jpnn/fajar)

loading...
Click to comment
To Top