Bantai Jerman 2-0, Prancis Patahkan Kutukan Selama 58 Tahun – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

Bola

Bantai Jerman 2-0, Prancis Patahkan Kutukan Selama 58 Tahun

FAJAR.CO.ID, – Prancis sukses lolos ke partai final Euro 2016 setelah mengalahkan Jerman dengan skor 2-0 di Stade Velodrome, Jumat (8/7) dini hari WIB. Antoine Griezmann jadi pahlawan dengan dua golnya untuk menendang Jerman.

Sejak awal laga, Prancis memang beberapa kali mengejutkan Jerman. Pada menit ketujuh contohnya, Antoine Griezmann nyaris membuka skor melalui penetrasinya.

Namun sayang, tembakan mendatarnya dengan kaki kanan mampu ditepis secara gemilang oleh Manuel Neuer. Usai serangan itu, Jerman sontak bangkit.

Pada menit ke-14, Thomas Mueller memberikan ancaman perdana bagi Der Panzer. Berawal dari pergerakan Emre Can yang memberikan umpan, Mueller gagal memanfaatkan peluang emas.

Memasuki menit ke-20, Prancis kembali menekan. Kali ini melalui Dimitri Payet. Dari situasi tendangan bebas, eksekusi pemain West Ham United tersebut mampu diamankan dengan baik oleh Neuer.

Selang 17 menit, giliran Paul Pogba yang mendapat peluang manis. Eksekusi tendangan bebasnya melewati pagar hidup Jerman, namun arahnya tepat menuju posisi Neuer dan tak membuat sang penjaga gawang kerepotan.

Prancis mendapatkan peluang emas pada menit ke-41 melalui Olivier Giroud. Menerima umpan matang dari Griezmann, Giroud kalah cepat dengan Howedes sehingga sepakannya mampu diblok dengan sempurna.

Gol yang ditunggu-tunggu Prancis akhirnya tercipta pada menit ke-45. Ini setelah mereka mendapatkan hadiah penalti dari Wasit Nicola Rizzoli lantaran Bastian Schweinsteiger dianggap melakukan handball.

Griezmann yang bertindak sebagai algojo, sukses menjalankan tugasnya dengan sempurna. Gol tersebut sekaligus mengakhiri paruh pertama.

Selepas turun minum, Jerman mencoba membalas gol. Beberapa kali anak asuh Joachim Loew ini mencoba membongkar pertahanan Prancis.

Akan tetapi, sampai menit ke-60 usaha mereka belum berbuah manis. Tak ada satupun ancaman berarti untuk Prancis.

Alih-alih menyamakan kedudukan, Jerman justru kembali kebobolan lewat Griezmann pada menit ke-72. Pemain Atletico Madrid itu sukses mencetak gol melalui bola liar di depan kotak penalti Neuer. 2-0 Prancis unggul.

Jerman merespons gol tersebut melalui Julien Draxler. Namun eksekusi tendangan bebas Draxler gagal memperkecil ketertinggalan untuk Jerman.

Pada menit ke-82, Der Panzer kembali mendapat kans emas. Kali ini melalui sundulan Benedikt Hoewedes. Lagi-lagi, sundulannya masih tipis di atas mistar gawang Hugo Lloris.

Prancis balik menekan pada menit ke-86 melalui Griezmann. Berawal dari skema serangan balik, Griezmann gagal mencatat hat-trick pada laga ini.

Hingga peluit panjang ditiupkan, skor 2-0 tak berubah. Ini merupakan kemenangan perdana Prancis atas Jerman pada ajang turnamen besar sejak 1958 silam.

Susunan Pemain

Jerman XI: Neuer; Kimmich, Boateng (Mustafi 61′), Howedes, Hector; Schweinsteiger (Sane 79′), Can (Goetze 67′); Kroos, Ozil, Draxler; Muller.

Prancis XI: Lloris; Sagna, Koscielny, Umtiti, Evra; Matuidi, Pogba; Sissoko, Payet (Kante 71′), Griezmann (Cabaye 90′); Giroud (Gignac 78′).

(ies/JPG)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top