Setelah Dengar Informasi, Prajurit TNI Serentak Kumandangkan Takbir – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

Internasional

Setelah Dengar Informasi, Prajurit TNI Serentak Kumandangkan Takbir

FAJAR.CO.ID, LEBANON – Gema suara Takbir dikumandangkan pada Selasa malam 5 Juli 2016. Segenap Prajurit TNI yang tergabung dalam Satgas Batalyon Mekanis TNI Konga XXIII-J/Unifil (United Nations Interim Force In Lebanon) atau dikenal dengan sebutan Indonesian Battalion (Indobatt) menandai berakhirnya pelaksanaan Ibadah Puasa Bulan Suci Ramadan.

Suara takbir itu juga sekaligus menyambut datangnya Hari Raya Idul Fitri 1437 H yang dirayakan tahun ini di medan operasi dalam rangka mengemban misi perdamaian PBB di Lebanon.

Komandan Satgas Indobatt Konga XXIII-J/Unifil Letkol Inf Dwi Sasongko, mengatakan informasi pelaksanaan perayaan Hari Raya Idul Fitri 1437 H diperoleh dari pihak Pemerintah Lebanon yang disampaikan melalui Kantor Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI).

Disebutkan bahwa Hari Raya Idul Fitri 1437 H jatuh pada hari Rabu, 6 Juli 2016. “Informasi tersebut kami terima sesaat setelah pelaksanaan ibadah Salat Maghrib atau menjelang Salat Isya, pukul 20.00 waktu setempat,” ujar Dwi.

Setelah menerima informasi tersebut, Komandan Satgas Indobatt melalui Staf Personel meneruskan berita pelaksanaan perayaan Hari Raya Idul Fitri 1437 H kepada seluruh Kompi-Kompi, baik yang berada di dalam maupun yang di luar Compound UN Posn 7-1. S

Sesaat setelah itu, secara serentak seluruh Prajurit Indobatt mengumandangkan suara Takbir, mengagungkan Kebesaran Sang Pencipta, Allah SWT untuk menyambut datangnya Hari Raya Idul Fitri 1437 H.

Para Prajurit Satgas Indobatt melaksanakan takbiran di Muala tiap-tiap Kompi. Ada pula yang melaksanakan Takbir dengan berkeliling di sekitar area Compound UN Posn 7-1 dengan menggunakan kendaraan.

Keesokan paginya, Rabu (6/7/2016) pukul 06.45 waktu setempat, segenap Prajurit Indobatt melaksanakan Salat Ied di Lapangan Soekarno Markas Indobatt secara berjamaah.

Bertindak selaku Imam dan Khotib Kapten Laut (KH) Saleh Mohan. Dalam ceramahnya yang dilaksanakan seusai ibadah Salat Ied, Khotib menyampaikan makna pelaksanaan Ibadah Puasa selama Bulan Suci Ramadan.

“Bulan Suci Ramadan melahirkan manusia yang baru, yaitu manusia yang memiliki sifat jujur, berhati bersih, mengkonsumsi makanan secara selektif serta selalu terpaut hatinya dengan masjid dan kitab suci Alquran,” katanya seperti dilansir dalam siaran pers Pusat Penerangan TNI.

Usai pelaksanaan ibadah Salat Ied dilanjutkan acara silaturahmi dengan bersalam-salaman antara sesama prajurit untuk saling bermaaf-maafan.

Tak lupa, para Prajurit Satgas Indobatt yaitu ketupat dan opor ayam yang menjadi khas setiap perayaan Lebaran di Indonesia yang menambah indahnya perayaan hari Lebaran pada tahun ini.

“Memang mereka tidak dapatkan dengan keluarga, namun suasana kebersamaan dan rasa kekeluargaan yang sudah terjalin selama 7 bulan di medan operasi bisa menggantikan suasana Lebaran seperti yang mereka rasakan di tanah air bersama keluarga di waktu-waktu sebelumnya,” kata Letkol Dwi Sasongko.

Selesai acara di Markas Indobatt, Komandan Satgas Indobatt Letkol Inf Dwi didampingi para Perwira serta Prajurit Satgas Indobatt menyampaikan ucapan selamat Hari Raya Idul Fitri 1437 H kepada seluruh Prajurit TNI di seluruh dunia yang sedang melaksanakan tugas. “Semoga selalu dilindungi dalam melaksanakan tugas, tunjukan profesionalisme kerja sebagai Prajurit TNI yang selalu dicintai rakyat dan selalu jaga nama baik NKRI,” ucapnya. (fri/jpnn)

loading...
Click to comment
To Top