Sosok Ketua KPU Dimata Anggota DPR Asal Sulsel – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

Nasional

Sosok Ketua KPU Dimata Anggota DPR Asal Sulsel

FAJAR.CO.ID, JAKARTA – Meninggalnya Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Husni Kamil Manik pada Kamis (7/7) malam, sekitar pukul 21.10 WIB di Rumah Sakit Pusat Pertamina Jakarta Selatan, juga ditanggapi oleh sejumlah Anggota Komisi II DPR RI asal Sulsel.

Seperti menurut politisi dari Fraksi Partai Gerindra, H.Azikin Solthan, kalau sosok Husni Kamil Manik dimata Azikin adalah seorang yang tangguh, dan diplomatis. “Ditengah banyaknya permasalahan baik di internal maupun eksternal KPU, Pak Husni ini mampu menyatukan dan menyelesaikan permasalahan itu,” ujar mantan Bupati Bantaeng kepada Fajar Media Center, Jumat 8 Juli 2016.

Selanjutnya, dikatakan Azikin, sosok Husni adalah sejak menjadi ketua KPU mampu membawa lembaga penyelenggara pemilu ini untuk bersinergi/kerjasama dengan instansi lain. Utamanya dalam pelaksanaan Pilkada Serentak. Baik kepada Kemdagri, Bawaslu, dan Komisi II DPR.

Sepeninggalnya beliau, lanjut Azikin, KPU harus segera memproses penggantinya sebagai ketua KPU. “Harus secepatnya diselesaikan secara internal pengganti beliau, agar ketetapan dan ketentuan bisa berjalan normal,” paparnya.

Adapun kosongnya kursi komisioner KPU tersebut, dikatakan Azikin, tinggal menunggu koordinasi KPU dengan instansi terkait. “Biasanya pengganti anggota KPU diambil setelah melalui proses atau diambil dari kandidat yang dibawahnya dalam fit and proper test komisioner KPU yang lalu,” sebutnya.

Dalam Pasal 27 UU No.15 tahun 2012 tentang Penyelenggaraan Pemilihan Umum memang disebutkan bahwa anggota KPU dinyatakan berhenti antarwaktu salah satunya karena meninggal dunia.

Kemudian dalam ayat (5) huruf a, disebutkan bahwa anggota KPU yang dinyatakan berhenti antarwaktu dapat digantikan oleh calon anggota KPU urutan peringkat berikutnya dari hasil pemilihan yang dilakukan oleh DPR.

Untuk diketahui, ketika proses seleksi tahun 2012, panitia seleksi menyerahkan 14 nama kandidat kepada Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY). Selanjutnya, oleh presiden diserahkan kepada DPR untuk diseleksi.

Dari hasil uji kelayakan dan kepatutan, DPR mengumumkan tujuh calon anggota KPU terpilih. Salah satunya adalah almarhum Husni Kamil Manik yang kemudian terpilih menjadi Ketua. (idr/fmc)

Click to comment
To Top