Waspadalah! Hampir Setengah Juta Pengguna Android di Indonesia Terinfeksi HummingBad – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

Teknologi

Waspadalah! Hampir Setengah Juta Pengguna Android di Indonesia Terinfeksi HummingBad

FAJAR.CO.ID – Menurut perusahaan keamanan cyber bernama Check Point, setidaknya ada 10 juta perangkat berbasis Android di dunia ini yang telah terinfeksi oleh malware HummingBad.

Malware yang keberadaanya ditemukan pada Februari 2016 lalu itu diketahui berasal dari negeri panda, China, yang bekerja dengan cara menginfeksi perangkat robot hijau melalui iklan dan aplikasi abal-abal.

Para ahli dari Check Point mengungkapkan bahwa malware ini yang bekerja secara silent alias undetectable ini mampu mampu menghasilkan pendapata melalui iklan palsu dan mengubah perangkat Android korbannya sebagai inang dari aplikasi berbahaya.

Malware yang satu ini benar-benar sudah mendunia dan memiliki basis perangkat yang terinfeksi terbesar berada di China (1.606.384 perangkat), India (1.352.772 perangkat), Filipina (520.901 perangkat) dan Indonesia sendiri menempati peringkat empat (489.336 perangkat) dari 20 negara di dunia.

image

Kebanyakan dari perangkat yang terinfeksi adalah handheld yang masih menggunakan Android versi lawas seperti KitKat (4.4), sementara Marshmallow masih menjadi yang teraman dengan tingkat terkajangkit HummingBad hanya sebesar 1 persen.

Berikut beberapa hal yang agar anda terjauhi dari entitas berbahaya tersebut:
1. Jangan root perangkat anda
2. Jangan melakukan instalasi dari “Unknown Sources”.
3. Update perangkat anda dengan versi Android terbaru, dan
4. Install aplikasi anti virus.

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top