Ini Peninggalan Husni Kamil untuk Diperjuangkan Komisioner KPU – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

Nasional

Ini Peninggalan Husni Kamil untuk Diperjuangkan Komisioner KPU

FAJAR.CO.ID, JAKARTA – Sosok Husni Kamil Manik benar-benar menjadi tauladan dan panutan bagi komisioner Komisi Pemilihan Umum(KPU) lainnya. Sosok berintegritas itu menjelang akhir hayatnya masih terus berjuang untuk lembaga penyelenggara Pemilu tersebut menjadi lembaga negara yang lebih disegani.

Komisioner KPU Juri Ardiantoro, mengungkapkan, ada dua hal yang sedang diperjuangkan di bawah kepemimpinan Husni. Pertama, KPU harus menjadi lembaga negara. “KPU ingin dihargai sebagai sebuah institusi yang jelas dalam konstitusi ketatanegaraan yang ada,” ujar Ferry.

Kedua, KPU sedang memperjuangkan independensi dan kemandirian KPU yang sesuai dengan UUD.

Ferry memastikan KPU akan tetap berlanjut sesuai koridor yang telah diputuskan bersama semasa Husni masih ada. Sehingga, meski tidak ada kehadiran Husni secara fisik, pilkada masih bisa tetap berjalan.

Mengingat setiap keputusan KPU selalu berdasarkan kesepakatan seluruh komisioner.

Pengakuan itu juga disampaikan Kepala Staf Presiden Teten Masduki. Pihaknya memandang pada era KPU yang sekarang ada kekompakan antarkomisioner. Tidak ada hal yang dirasa bisa menjadi potensi deadlock.

“Kalau memang diperlukan nanti satu voting untuk memilih ketua sementara sampai terbentuknya KPU baru yang akan datang (2017),” ujarnya.

Ucapan duka cita pun mengalir kepada keluarga Husni. Dari Solo, Presiden Jokowi menyatakan duka cita atas meninggalnya Husni.

“Saya melihat beliau (Husni) sangat bekerja keras, dengan integritas yang sangat baik dalam menyelenggarakan, menyiapkan, merencanakan, dan melaksanakan Pilkada di daerah, serta pemilihan presiden,” ujarnya lewat keterangan resminya. (byu/bay/kim)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top