Ini Lima Langkah Pemerintah Atasi Macet Arus Balik – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

Nasional

Ini Lima Langkah Pemerintah Atasi Macet Arus Balik

FAJAR.CO.ID, JAKARTA- Puncak arus balik usai lebaran Idul Fitri 2016 terjadi hari ini (Minggu, 10/7). Untuk mengantisipasi terjadi kemacetan yang parah, pemerintah menerapkan lima kebijakan untuk mengantisipasi kemacetan lalu lintas.

Menurut Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Basuki Hadimuljono, langkah pertama yang akan dilakukan adalah membebaskan biaya masuk tol bagi pemudik. Penggratisan diberikan dengan syarat apabila antrian kendaraan di Gerbang Tol Cikarang Utama sudah mencapai lima kilometer.

“Kalau sampai lima kilometer stuck akan dibebaskan, saya akan monitor terus. Namun, kalau masih jalan pelan itu wajar, kecuali sudah stuck,” jelasnya kepada wartawan di Jakarta.

Langkah kedua, untuk mengurai kepadatan lalu lintas khususnya di ruas tol Jakarta-Cikampek diterapkan sistem lawan arah atau contra flow. Langkah berikutnya dengan menerapkan sistem jemput transaksi bayar tol.

Selain itu, lanjut Basuki, pihaknya juga akan melakukan pengalihan arus dan penambahan gardu tol. Dia pun berharap, langkah-langkah tersebut efektif dalam mengatasi kemacetan dan kepadatan lalu lintas saat arus balik. [wah]

Click to comment
To Top