Macet Parah, DPR Agendakan Panggil Pengelola Tol dan Dua Menteri Ini.. – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

exciting-banten
Nasional

Macet Parah, DPR Agendakan Panggil Pengelola Tol dan Dua Menteri Ini..

MACET: Memasuki H-5 lebaran, Pintu keluar Tol Palimanan Kabupaten Cirebon mengalami kemacetan, Jumat (1/7). Kepadatan kendaraan yang akan melanjutkan perjalanan ke arah Jawa Tengah diprediksi akan terus berlanjut........ilmi yanfa unnas/radar cirebon

FAJAR.CO.ID, JAKARTA- Kemacetan parah saat mudik lebaran kemairin menyisakan berbagai masalah hingga jatuh korban jiwa. Untuk memperjelas masalah ini, Komisi V DPR RI mengagendakan pemanggilan kepada Menteri Perhubungan Ignasius Jonan, Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Basuki Hadimoeljono dan pengelola Jalan Tol.

Pemanggilan ini akan dilakukan setelah Lebaran untuk melakukan evaluasi mengingat terjadi kemacetan parah, bahkan hingga merenggut korban jiwa di tol Brebes, Jawa Tengah.

“Kemenhub, Kemenpupera, semua stakeholder termasuk pengelola tol (akan dipanggil). Ini harus dilakukan evaluasi,” kata anggota Komisi V DPR Syarif Abdullah Alkadrie, Minggu (10/7) di Pontianak, Kalimantan Barat.

Ia menilai, masalah kemacetan yang terjadi bukan semata-mata karena kesalahan Kemenhub. Menurtnya, Kemenpupera hingga pengelola tol dalam hal ini Jasa Marga juga harus memberikan penjelasan.

Sebab, tol tersebut dikelola oleh Jasa Marga. Karena itu, persoalan ini harus dilihat secara menyeluruh.

“Masalah ini tidak semata-mata kesalahan Kemenhub. Tapi ini juga berkaitan dengan persoalan tol, Kemenpupera dan Jasa Marga,” ucap Syarif.

Sekretaris Fraksi Partai Nasdem di DPR ini menambahkan, memang di satu sisi volume kendaraan tidak sebanding dengan pertumbuhan atau pembangunan ruas jalan termasuk tol.

Namun, kata dia, seharusnya dalam momen Lebaran ada terobosan yang dilakukan untuk mencegah kemacetan parah.

“Dengan kondisi seperti ini, karena jalan kita sudah tidak sebanding dengan laju pertumbuhan kendaraan, maka seharusnya ada teborosan,” tandas Syarif. (boy/jpnn)

loading...
Click to comment
To Top