Maut Dijalur Brexit, DPR Minta Pihak Terkait Harus Dievaluasi – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

Nasional

Maut Dijalur Brexit, DPR Minta Pihak Terkait Harus Dievaluasi

FAJAR.CO.ID, JAKARTA- Anggota Komisi V DPR RI Syarif Abdullah Alkadrie, meminta agar mengevaluasi kinerja pihak terkait atas insiden maut dijalur Brebes. Pihak terkait yang dimaksud adalah Menteri Perhubungan, Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat, Jasa Marga serta stakeholder lainnya.

Dia mengatakan, saat rapat dengan stakaholder terkait sebelum Lebaran, Komisi V DPR sudah meminta agar mudik tahun ini zero accident.

Namun, kata dia, dalam kenyataannya masih ada warga meninggal dunia, meskipun bukan karena kecelakaan di tol tersebut. “Tapi ini musibah dan saya berharap jangan sampai itu terjadi lagi,” kata Abdullah, Minggu (10/7).

Seharusnya, sambung Abdullah, ada terobosan-terobosan yang dilakukan dalam mengantisipasi kemacetan saat arus mudik. Misalnya, membebaskan biaya tol supaya tidak terjadi antrean panjang. Selain itu, juga mewajibkan para pengendara melakukan pembayaran tol dengan sistem elektronik. “Pintu tolnya juga harusnya lebih dibesarkan,” katanya.

Selain itu, juga perlu dilakukan evaluasi apakah ke depan para pemudik mesti menggunakan kendaraan pribadi. Menurut dia, bisa saja pemerintah menambah lebih banyak kereta untuk mengangkut pemudik.

“Gerbong-gerbong kereta yang banyak mungkin bisa dikerahkan agar tidak banyak masyarakat menggunakan kendaraan pribadi,” tutur Abdullah.

Lebih lanjut dia mengatakan, harusnya pihak berwenang juga memberikan penyuluhan kepada masyarakat dari sisi kesehatan. Misalnya, terkait bahaya karbondioksida dan bagaimana antisipasinya ketika dalam keadaan macet.

“Seharusnya hal-hal seperti ini juga diberitahukan kepada masyarakat. Kan selama ini masih kurang,” tandasnya. (boy/jpnn)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top