Pagar Betis, Solusi Polda Jabar Atasi Macet Arus Balik – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

exciting-banten
Nasional

Pagar Betis, Solusi Polda Jabar Atasi Macet Arus Balik

pengamanan-natal-730x345

FAJAR.CO.ID, JABAR- Kepadatan kendaraan di Jalan Tol Cipali saat arus balik tak terurus. Kepadatan terlihat hingga ke daerah Cikampek melalui Cikopo, pada Minggu (10/7).

Polda Jawa Barat langsung mengambil langkah membuat pagar betis bersama petugas Dinas Perhubungan sebagai solusi mengurangi kepadatan kendaraan.

“Tapi karena bottleneck sehingga padat arus sampai KM 82 Cipali,” ujar Kabid Humas Polda Jabar, Kombes Yusri Yunus.

Dikatakan dia, kemacetan di tol Purbalenyi mengular sekitar 6 KM dengan trouble spot di rest area KM 62.

“Orang mau masuk ke rest area tapi sudah penuh. Kita alihkan ke 52 juga penuh. Sehingga mereka banyak yang berhenti kendaraan di bahu jalan Sebelum rest area 62 dan 52. Ini terjadi penghambatan. Di 52 juga sama,” katanya.

Untuk menghindari kepadatan, kata perwira melati tiga itu, pihaknya memberlakukan contra flow sebelum KM 66-41.

Langkah ini membuahkan hasil, sudah mulau terurai kepadatan arus balik. Dipastikan, ekor kemacetan yang sebelumnya ada di KM 82 sekarang hanya sampai KM 73.

“Satu jam sudah terurai. Tapi kan arus tetap padat jalan dari Cipali nanti kita menunggu keptusan nanti kalau masih tetap (padat) nanti contra flow tidak sampai 41. Tapi sampai Cikarang Utama. Tapi itu masih rencana,” paparnya.

Yusri menjelaskan Polda Jabar punya strategi khusus. Di beberapa pintu gerbang ke Jakarta dialihkan apabila terjadi kepadatan.

“Kendaraan akan dialihkan ke arah selatan dan ke utara, baik dari Majalengka, Purwakarta, juga sama di Karawang nanti menunggu,” katanya.

Jika terjadi antrian sejauh 5 KM di pintu tol Cikarang Utama, Yusri mengatakan maka pengendara akan digratiskan.

“Kalau lebih dari lima kilometer bisa jadi dari pengelola jalan tol akan digratiskan. Tapi digratiskannya situsional,” pungkasnya.[dem]

loading...
Click to comment
To Top