Polisi Laut Malaysia Pastikan Tiga WNI Diculik – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

Internasional

Polisi Laut Malaysia Pastikan Tiga WNI Diculik

FAJAR.CO.ID, KINABALU- Pihak Kepolisian Laut Malaysia mengonfirmasikan kepada pihak Indonesia, jika tiga warga Indonesia (WNI), telah menjadi korban penculikan oleh kelompok Abu Sayyaf pada Sabtu (9/7) malam.

Menurut Komandan Kepolisian Laut Malaysia, Abdul Rahim Abdullah, ketiga WNI itu diculik Sabtu menjelang tengah malam di perairan wilayah Sabah. “Ketiganya adalah kru kapal penangkap ikan,” kata Abdullah sebagaimana dikutip AFP, Minggu (10/7).

Abdullah memang tidak mengidentifikasi para penculik sebagai anggota kelompok Abu Sayyaf. Namun, dari lokasi penculikannya yang berada di perairan Lahat Datu, Sabah, maka pelakunya diyakini sebagai anggota kelompok Abu Sayyaf.

Perairan di sekitar sisi timur Pulau Borneo (Kalimantan) itu memang dikenal dekat dengan wilayah Filipina selatan. Bahkan untuk menuju wilayah di selatan Filipina dari Lahat Datu bisa ditempuh dengan perahu kecil.

Seperti diketahui, gerilyawan Islam menguasai wilayah selatan Filipina. Sejak 2013, mereka mulai menggunakan teror dan penculikan, termasuk memenggal dua turis Kanada dan seorang Malaysia pada tahun lalu.

Juni lalu, tujuh pelaut Indonesia juga diculik oleh kelompok militan bersenjata di Filipina selatan. Sebelumnya, 14 pelaut Indonesia juga sempat diculik meski akhirnya dibebaskan.

Aksi penculikan yang dilakukan kelompok Abu Sayyaf diyakini sebagai imbas terhentinya pasokan dana dari jaringan Alqaeda. Tujuan penculikan adalah untuk meminta uang tebusan.(straittimes/ara/jpnn)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top