KPK Buru Pengacara Penyuap Panitera PN Jakpus – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

Hukum

KPK Buru Pengacara Penyuap Panitera PN Jakpus

FAJAR.CO.ID, JAKARTA – Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) terus memburu pengacara Raoul Adhitya Wiranatakusumah. Raoul merupakan salah satu tersangka dalam kasus dugaan suap kepada Panitera Pengadilan Negeri Jakarta Pusat, Santoso. 

Kabag Pemberitaan dan Publikasi KPK Priharsa Nugraha mengingatkan agar Raoul bersikap kooperatif dalam penyidikan perkara ini.

“Agar yang bersangkutan kooperatif dalam penanganan kasus ini jika dipanggil maupun dimintai keterangan,” kata Priharsa dalam keterangan pers, Senin (11/7).

Informasi yang beredar, saat ini Raoul tengah berada di luar negeri. Karena itu, KPK terus berupaya menghadirkannya untuk memberikan keterangan. “Penangkapan di luar negeri tidak bisa serta-merta dilakukan. Salah satu yang dilakukan adalah pemanggilan terhadap tersangka,” ujar Harsa. 

KPK menetapkan tiga tersangka dalam kasus dugaan suap panitera PN Jakpus. Mereka adalah Panitera PN Jakpus Muhamad Santoso, Raoul Adhitya Wiranatakusumah, pengacara PT Kapuas Tunggal Persada, serta staf Raoul bernama Ahmad Yani.

Penetapan tersangka itu usai KPK menangkap Santoso bersama tukang ojek di kawasan Matraman, Jakarta Pusat setelah menerima suap dari Ahmad Yani pada 30 Juni lalu. ‎

Sementara Santoso dan Ahmad Yani telah ditahan, KPK masih mencari keberadaan Raoul Adhitya Wiranatakusumah. Dalam penangkapan itu, KPK menyita uang sebesar SGD 28 ribu yang dipisahkan dalam dua amplop cokelat. Dua amplop itu masing berisi uang sebesar SGD 25 ribu dan SGD 3 ribu. 

Suap itu terkait penanganan perkara dua perusahaan di PN Jakpus. Yaitu, gugatan perdata yang dilakukan PT Mitra Maju Sukses melawan PT Kapuas Tunggal Persada. Tujuan pemberian suap agar majelis hakim PN Jakpus memenangkan PT Kapuas Tunggal Persada sebagai pihak termohon. (put/jpg)

Click to comment
To Top