SIMAK! Ini Manfaat Bir untuk Kesehatan Anda – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

Kesehatan

SIMAK! Ini Manfaat Bir untuk Kesehatan Anda

FAJAR.CO.ID – JIKA Anda memiliki rencana untuk berpesta minggu ini, jangan ragu untuk membuka sekaleng bir dingin. Bir rupanya juga memiliki manfaat untuk kesehatan tubuh.

Ternyata bir mengandung berbagai macam antioksidan alami dan vitamin yang bisa mencegah terjadinya penyakit jantung, bahkan membangun otot tubuh.

Bir juga memiliki kandungan energi lebih banyak dibanding makanan atau minuman manapun. Meski begitu, Anda harus membatasi jumlah bir yang Anda minum, jika tidak, maka hal ini bisa membuat badan menjadi gemuk.

Berikut beberapa manfaat dari mengonsumsi bir, seperti dilansir laman Cheat Sheet, Minggu (10/7).

1. Jantung sehat.

Banyak penelitian telah melihat hubungan antara konsumsi alkohol dan penyakit jantung selama beberapa dekade terakhir. Hasilnya relatif menguntungkan bagi mereka yang ingin menikmati beberapa minuman bir.

Salah satu studi yang dipublikasikan di The New England Journal of Medicine menemukan, pria yang mengonsumsi setidaknya tiga atau empat minuman beralkohol seminggu. Termasuk anggur, bir dan minuman keras lainnya, memiliki risiko lebih rendah terkena serangan jantung, dibanding pria yang minum alkohol kurang dari sekali per minggu.

2. Meningkatkan kemampuan otak.

Dalam sebuah penelitian pada 2015, para peneliti menemukan senyawa hop yang terkandung dalam bir bisa mengerahkan kekuatan pelindung di atas sel-sel otak dengan cara menangkal penyakit neurodegenerative, seperti Alzheimer dan Parkinson.

3. Nilai gizi.

Ternyata bir sebenarnya bisa lebih baik dari anggur atau wine. NPR melaporkan bir mengandung banyak antioksidan yang sama ditemukan dalam anggur dan cokelat hitam. Beberapa dari mereka benar-benar bisa lebih mudah diserap oleh tubuh. Terlebih, bir menawarkan lebih banyak protein, selenium dan vitamin B.

4. Tulang kuat.

Seiring dengan bertambahnya usia, kepadatan tulang secara alami menurun. Hal ini menjelaskan mengapa orang tua lebih rentan terhadap patah tulang setelah jatuh.

Profesional kesehatan biasanya mendesak orang tua untuk mengonsumsi jumlah yang cukup dari kalsium dan terlibat dalam latihan angkat beban. Mereka juga mungkin mempertimbangkan menasihati pasien untuk menikmati bir.

Dalam sebuah studi 2009 dari Tufts University menemukan, pria yang minum 1-2 gelas bir per hari menunjukkan kepadatan mineral pada tulang.

Para peneliti berpikir bir melindungi kekuatan tulang, karena kandungan silikon. Mineral ini telah terbukti untuk meningkatkan kesehatan tulang.

5. Kesehatan pencernaan.

Memiliki tingkat tinggi asam dalam perut adalah hal yang baik. Menurut SFGate, terlalu sedikit asam dalam usus akan membuat sulit tubuh Anda untuk memecah makanan dan menyerap nutrisi penting.

Sedangkan, studi 2012 menemukan bahwa mengonsumsi bir, terutama yang pahit, membantu untuk merangsang sekresi asam lambung. Tapi ingat, Anda harus membatasi mengonsumsi jumlah bir. (fny/chi/jpnn)

loading...
Click to comment
To Top