Tak Perlu Banyak Pemain Bintang untuk Jadi Juara – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

Bola

Tak Perlu Banyak Pemain Bintang untuk Jadi Juara

FAJAR.CO.ID, STADE DE FRANCE – Akhirnya Portugal mampu menghapus kutukan 50 tahun tak pernah menang melawan Prancis. Pergelaran Euro 2016 menjadi bukti Portugal sukses mengalahkan Prancis yang berstatus sebagai tuan rumah.

Portugal yang mungkin “hanya” mengandalkan sang mega bintang Cristiano Ronaldo dan beberapa pemain lainnya berhasil mengimbangi hampir seluruh pemain bintang yang dimiliki Prancis. Bahkan, Portugal mampu keluar sebagai jawara meski tanpa Ronaldo yang menyelesaikan pertandingan lebih awal, akibat cedera lutut setelah dihantam Dimitri Payet di menit ke-8 dan akhirnya harus ditarik di menit ke-23 digantikan Ricardo Quaresma.

Tanpa Ronaldo, Portugal justru tampil makin menggila. Hasil racikan sang pelatih Fernando Santos dengan melakukan beberapa pergantian pemain terbukti berhasil. Eder yang masuk menggantikan Renato Sanches keluar sebagai pahlawan Portugal.

Di menit ke-109 babak kedua extra time, Eder berhasil memecah kebuntuan. Prancis yang sibuk sejak babak pertama menggempur pertahanan Portugal, justru kewalahan dalam menghadapi serangan balik dari Portugal.

Umpan Raphael Guerreiro dari sisi kiri mampu diselesaikan dengan baik melalui sepakan keras kaki kanan Eder yang terarah masuk di sisi kanan gawang yang dikawal Hugo Lloris. Meski sudah unggul 1-0, Portugal tak langsung main bertahan. Serangan terus dilakukan hingga akhirnya wasit asal Inggris Mark Clattenburg meniup pluit panjang berakhirnya pertandingan.

Dengan hasil tersebut, tropy Euro 2016 menjadi yang pertama bagi Portugal selama pagelaran Euro walaupun sejak babak penyisihan Euro 2016, Portugal sempat terseok-seok dan hanya menempati posisi ketiga. Bahkan, Portugal bukan merupakan tim yang diuggulkan untuk menjadi juara. 

Sementara pelatih Prancis Didier Deschamp harus menunda rekornya sebagai pemain dan pelatih yang berhasil meraih tropy Piala Eropa. (hrm)

Click to comment
To Top