Terima Hadiah Lebaran, Anggota DPR dan Lurah Lapor ke KPK – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

exciting-banten
Nasional

Terima Hadiah Lebaran, Anggota DPR dan Lurah Lapor ke KPK

194013_461519_kpk_jpcom

FAJAR.CO.ID, JAKARTA – Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) menerima dua laporan terkait hadiah Hari Raya Idul Fitri 1437 Hijriah. Laporan tersebut diterima komisi antirasuah dari seorang lurah dan anggota DPR RI.

“KPK menerima dua laporan berkaitan dengan perayaan hari raya. Satu parsel makanan dan tea set, satu lagi handphone,” kata Kabag Pemberitaan dan Publikasi KPK Priharsa Nugraha dalam keterangan pers, Senin (11/7).

Sayangnya, Harsa enggan menyebut identitas lurah dan anggota dewan yang mengembalikan hadiah lebaran tersebut. Menurut Priharsa, saat ini dua laporan tersebut masih dalam proses analisa tim KPK. Nantinya, KPK akan menyimpulkan status dari pemberian tersebut. ‎

“Apakah laporan itu akan dikembalikan ke penerima atau menjadi milik negara,” tuturnya.

Terkait minimnya laporan, KPK pun berharap semua PNS dan penyelenggara negara melaksanakan surat edaran larangan menerima hadiah lebaran.

“Yaitu menolak pemberian sekaligus mengimbau karena berbagai alasan tidak dapat menolak segera melaporkan ke KPK,” pungkasnya.

Seperti diketahui, KPK kembali mengeluarkan larangan bagi pegawai negeri sipil (PNS) dan penyelenggara negara menerima parsel Hari Raya Lebaran. Larangan itu dikeluarkan setiap tahunnya karena terkait dengan gratifikasi atau hadiah yang lekat dengan jabatannya.

Dalam undang-undang yang mengatur soal penerimaan gratifikasi, PNS atau penyelenggara negara wajib melaporkannya ke KPK paling lama 30 hari setelah penerimaan. KPK yang nantinya akan menentukan apakah itu tergolong gratifikasi atau tidak. (put/jpg)

loading...
Click to comment
To Top