Dua Minggu Lagi PDIP Umumkan Jagoannya di Pilgub DKI Jakarta – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

Pilkada

Dua Minggu Lagi PDIP Umumkan Jagoannya di Pilgub DKI Jakarta

FAJAR.CO.ID, JAKARTA – Dua minggu ke depan menjadi saat yang mendebarkan bagi seluruh bakal calon gubernur yang akan maju dalam Pilgub DKI 2017. Nasib mereka segera ditentukan. 

Yakni, dapat perahu atau tidak. Hanya petahana Basuki Tjahaja Purnama (Ahok) yang sudah aman dalam hal ini. Di antara sekian banyak nama yang pernah disebut sejak awal tahun ini, beberapa saja yang masih bertahan dalam perbincangan publik. 

Di antaranya Yusril Ihza Mahendra, Sandiaga Uno, Abraham Lunggana, Sjafrie Sjamsoeddin, Budi Waseso, Djarot Saiful Hidajat, Saefullah, dan Boy Sadikin.  Ada juga tokoh-tokoh luar daerah yang namanya masih diperbincangkan meski yang bersangkutan tidak secara langsung melaksanakan sosialisasi. Misalnya, Tri Rismaharini, wali kota Surabaya.

Partai-partai sudah mengisyaratkan akan mendeklarasikan pasangan calon dalam waktu dekat. Termasuk PDIP. Partai tersebut diperkirakan mengumumkan pasangan calon yang diusung dalam dua minggu ke depan. 

”Minggu ini atau dua minggu lagi mungkin,” kata salah seorang bakal calon gubernur yang mendaftar ke PDIP, Edysa Girsang. 

Belum ada informasi yang pasti. Namun, menurut Edysa, komunikasi di internal tampak makin serius meski dari luar terlihat tenang. ”Sebagai warga Jakarta, saya berharap PDIP melahirkan pemimpin berjiwa nasional yang tahu tujuan bangsa ini serta tahu cara mencapainya,” tutur ketua umum Brisan Relawan Nasional (BRN), salah satu elemen pendukung Joko Widodo tersebut. 

Sementara itu, para pengurus PDIP tampaknya sudah kompak tutup mulut soal perkembangan penyaringan. Termasuk kemungkinan keluarnya keputusan Ketua Umum Megawati Soekarno Putri. 

”Belum, belum,” kata Ketua DPP DPIP Bidang Pembangunan Manusia Andreas Hugo Pareira. 

Yang sudah memilih, antara lain, pengurus DPD Gerindra DKI dan DPW PDK DKI. Pilihannya adalah Sjafrie Sjamsoeddin yang dianggap cocok dipasangkan dengan beberapa tokoh. Misalnya, Sandiaga Uno. ” Mekanisme partai sudah berjalan. Tinggal menunggu keputusan pusat,” tutur Ketua DPW PKS DKI Syakir Purnomo.

Partai Demokrat, PKB, PAN, dan PPP belum menentukan pilihan. Namun, bisa dipastikan, nama-nama yang dipertimbangkan partai-partai tersebut tak lain adalah yang masih bertahan dalam perbincangan publik. 

Salah satunya, Yusril. Dia termasuk yang paling militan dalam menjalankan sosialisasi. Itulah bentuk keseriusan mereka dalam menjalani penjaringan dan penyaringan. ”Kalau terpilih, salah satu yang saya siapkan adalah para volunter. Mereka akan tergabung dalam sebuah tim,” kata Yusril membocorkan salah satu bagian rencananya. (ydh/co3/ilo/ai)

To Top