Entengnya, Kepala Dinas Izin Cuti Hanya Kirim SMS ke Bupati – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

exciting-banten
Daerah

Entengnya, Kepala Dinas Izin Cuti Hanya Kirim SMS ke Bupati

kepala-dinas-mucil-dilarang-tetap-cuti

FAJAR.CO.ID, TENGGARONG. Bupati Kutai Kartanegara Rita Widyasari menyayangkan, usai libur panjang lebaran masih ada saja pegawai yang tidak masuk kerja. Padahal surat edaran larangan cuti pasca libur lebaran telah disampaikan ke seluruh pegawai.

Ironisnya lagi, diantara pegawai yang tidak masuk kerja terdapat kepala Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD), meskipun yang bersangkutan telah meminta izin langsung melalui BlackBerry Massenger (BBM) dan SMS kepada Rita.

Menurut orang nomor satu di Pemkab Kukar tersebut, seharusnya libur panjang lebaran yang telah diberikan dapat dimanfaatkan dengan optimal untuk mejalin silaturahmi dan refreshing, sehingga dapat menjadi penyemangat saat waktu bekerja tiba. “Masih ada saja dan itu kepala yang menghubungi saya lewat sms dan BBM kalau beliau tidak bisa hadir karena mengajukan cuti, padahal itu sudah dilarang dan sudah dikasi libur panjang,” terang Rita usai memimpin apel akbar di halaman Kantor Bupati Kukar, Senin (11/7) pagi.

Meski tidak membeberkan indentitas kepala dinas tersebut, Rita berjanji memberikan catatan tersendiri bagi pejabat yang bersangkutan dan mempengaruhi raport SKPD tempatnya bekerja. Rita juga akan mengevaluasi apakah libur panjang yang telah berlangsung dapat menambah semangat kerja para pegawai di setiap SKPD, karena menurut beberapa peneliti libur sangat mempengaruhi semangat bekerja.

“Saya akan keliling ke beberapa SKPD untuk mengevaluasi fungsinya libur panjang ini, ada enggak dan ke depan kinerjanya bagaimana, apakah tambah semangat atau tidak,” tegas Rita.

Pantauan Radar Kaltim, usai memimpin apel akbar, Rita didampingi Wakil Bupati Edi Damansyah, Sekda Marli, Asisten I Setkab Kukar Chairil Anwar, Kabag Humas dan Protokol Dafip Haryanto, bergerak menuju Kantor Dinas Pendapatan Daerah (Dispenda) dan Dinas Kependudukan Catatan Sipil (Disdukcapail) untuk sidak. Selain mengecek absensi pegawai, Rita juga mengecek kesiapan loket-loket pelayanan masyarakat.

Mengetahui ada sejumlah pegawai yang tidak masuk, Rita menanyakan surat izin yang bersangkutan langsung kepada kepala dinas yang bersangkutan. Tak berhenti di situ, Sekertariat DPRD Kukar juga tak luput dari pantauan langsung sang bupati. Bahkan terkait kinerja pegawai Sekertariat Dewan, Rita berdialog langsung dengan Ketua DPRD Kukar Salehuddin. “Kalau tidak masuk alasanya apa, kalau karena sakit kita bisa maklumi,” pungkas Rita. (man/sal/Prokal/Fajar)

loading...
Click to comment
To Top