JK Tegaskan Tidak Ada Negosiasi Uang Tebusan – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

exciting-banten
Nasional

JK Tegaskan Tidak Ada Negosiasi Uang Tebusan

Wakil Presiden Jusuf Kalla saat menghadiri sidang kabinet terbatas di kantor Presiden, Jakarta, Rabu (31/12). Rapat membahas tentang koordinasi dan penanganan kecelakaan pesawat Air Asia QZ 8501. Foto: Ricardo/JPNN.com

FAJAR.CO.ID, JAKARTA — Wakil Presiden Jusuf Kalla memastikan pemerintah tidak akan membebaskan WNI dengan cara membayar tebusan pada kelompok Abu Sayyaf. Menurutnya, itu sama dengan memberi peluang pada kelompok militan itu.

“Saya ingin tekankan pemerintah tidak pernah melakukan negosiasi uang. Pemerintah tidak pernah, tetapi pengusaha-pengusaha itu mungkin saja. Tapi saya yakinkan 100 persen pemerintah tidak pernah bernegosiasi, berbicara tentang uang,” ujar pria yang kerap disapa JK itu di Istana Wapres, Jakarta, Selasa (12/7).

JK mengakui tidak mudah menyelesaikan masalah pembajakan dan penyelamatan WNI tersebut. Pria asal Makassar itu mengatakan, pembajakan bisa terjadi lagi jika pemerintah masih menolerir.

Sejauh ini, dia hanya berharap tidak negosiasi pembayaran tebusan dari perusahaan yang akan membawa dampak buruk di kemudian hari.

“Pokoknya pemerintah tidak memfasilitasi adanya pembicaraan seperti itu. Jika dulu karena semua orang ingin diselamatkan, kita mendahulukan jiwa, sekarang kita juga mendahulukan jiwa tapi bagaimana caranya agar tidak terulang. Ini bukan pilihan yang mudah tapi pemerintah berusaha menyelamatkan jiwa warga kita,” tegas JK. (flo/jpnn)

loading...
Click to comment
To Top