KPU Rapat Tertutup Tentukan Plt Pengganti Husni Kamil Manik – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

exciting-banten
Nasional

KPU Rapat Tertutup Tentukan Plt Pengganti Husni Kamil Manik

KPU

FAJAR.CO.ID, JAKARTA – Komisi Pemilihan Umum (KPU) menggelar rapat pleno menentukan pelaksana tugas (Plt) Husni Kamil Manik, Selasa (12/7). Rapat tersebut berlangsung tertutup. Komisioner KPU‎ Arief Budiman mengatakan bahwa Plt Husni nanti ditentukan berdasarkan kesepakatan enam komisioner lainnya. 

“Pengalaman kita kemarin, kita berkumpul, silahkan siapa yang mau. Karena agak sungkan, akhirnya tertutup memilih dengan model surat suara‎,” ujarnya di Kantor KPU, Menteng, Jakarta, Selasa (12/7). ‎‎

Sebagaimana diketahui, pelaksana tugas nantinya akan bertanggung jawab untuk memimpin rapat pleno serta menandatangani beberapa berkas yang dibutuhkan.

Sementara untuk menggunakan anggaran dan juga menandatangani peraturan, harus ditandatangani oleh Ketua KPU defenitif.‎

Plt Ketua KPU ini akan aktif hanya sampai pekan depan. ‎”Mulai hari ini sampai minggu depan, sampai terbitnya ketua definitif. Sampai kita melakukan proses pemilihan ketua definitif,” jelas Arief. 

Untuk ketua definitif sendiri, sesuai undang-undang, diambil dari kandidat nomor urut berikutnya dalam fit and proper tes Komisioner KPU pada periode 2012 lalu. Kendati demikian, keputusan tetap ada di tangan  ‎Jokowi sebagai presiden.

“‎Itu nanti urusan presiden masalah PAW, bukan urusan KPU. Pengisi berikutnya harus dari nomor urut yang ada, kalau tidak layak, berarti nomor urut berikutnya lagi,”‎ pungkasnya. (dna/JPG)

loading...
Click to comment
To Top